FIFGroup latih UMKM binaan di Harkopnas

id fifgroup,pelatihan umkm

FIFGroup latih UMKM binaan di Harkopnas

Chief of Corporate Communication and CSR FIFGroup Yulian Warman (kiri), praktisi UMKM Iyan Iriansah Sidik (tengah) berfoto bersama peserta Webinar Pelatihan UMKM FIFGROUP “Jualan Tanpa Menjual, Berdagang Sambil Berteman”, Rabu, 28 Juli 2021. ANTARA/FIFGroup.

Jakarta (ANTARA) - Federal International Finance (FIFGroup), perusahaan multifinance yang juga membiayai pemilikan sepeda motor Honda, menggelar pelatihan bagi usaha mikro kecil menengah (UMKM) binaan dan umum dalam rangka Hari Koperasi Nasional (Harkopnas).

FIFGroup terus memberikan dukungan terhadap pengembangan potensi dan peningkatan kualitas UMKM dengan menyelenggarakan Webinar UMKM Hari Koperasi bertajuk “Jualan Tanpa Menjual, Berdagang Sambil Berteman” belum lama ini.

Webinar pelatihan ini kembali menggandeng lembaga Astra lainnya, yakni Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) untuk terus berkolaborasi membantu pemerintah dalam mempercepat pembangkitan perekonomian melalui dukungan pembinaan UMKM di Indonesia. Pelatihan ini dihadiri 413 peserta yang datang dari UMKM binaan Grup Astra dan umum.

"Guna mendukung sektor UMKM menjadi tulang punggung untuk memulihkan sektor perekonomian, kualitas UMKM harus terus ditingkatkan dan di-maintain agar terus berkembang, khususnya dalam kondisi pandemi seperti ini," kata Chief of Corporate Communication and Corporate Social Responsibility, Yulian Warman, dalam pernyataan pers, dikutip Kamis.

Baca juga: FIFGroup dan Astra gulirkan pembiayaan UMKM Rp1,4 miliar

Baca juga: Astra relaksasi kredit sektor otomotif Rp31 triliun 2020


Menurut Yulian, FIFGroup melalui salah satu pilar pemberdayaan masyarakat bersinergi dengan YDBA, melakukan kegiatan penyaluran dana bergulir dan webinar pelatihan untuk meningkatkan kemampuan UMKM yang berdampak pada pembangunan ekonomi Indonesia, khususnya bagi mereka yang memiliki insiatif untuk berusaha dan menumbuhkan kesadaran, kemauan serta kemampuan meningkatkan kesejahteraannya.

Sektor UMKM selama ini telah menyerap 97 persen angkatan kerja dan kurang lebih 64,2 juta. Sektor ini berkontribusi 56-59 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia, namun baru sekitar 17,1 persen yang memanfaatkan ruang digital sebagai salah satu platform untuk berjualan.

Yulian Warman mengatakan dalam menjalankan program CSR, FIFGroup memiliki 4 pilar, di mana salah satu pilarnya merupakan Pilar Pemberdayaan Masyarakat. Pada tahun 2021 ini, Pilar Pemberdayaan Masyarakat akan difokuskan untuk pengembangan UMKM melalui Program Dana Bergulir.

"Tahun ini, kami memfokuskan program CSR pada Pilar Pemberdayaan Masyarakat untuk pengembangan UMKM melalui Program Dana Bergulir yang dananya berasal dari Dana Sosial Syariah FIFGroup," katanya.

Program inisiatif FIFGroup yang diberi nama dengan Program Dana Bergulir ini ditujukan untuk memberikan pembiayaan tanpa bunga untuk UMKM di seluruh Indonesia. Program ini sudah berjalan sejak tahun 2016 hingga tahun 2020 dengan total penerima dana bergulir mencapai 279 UMKM dengan total bantuan modal disalurkan Rp846,5 juta.

Tahun ini, FIFGroup mengkolaborasikan program dana bergulirnya dengan program kolaborasi pengembangan dan pembinaan UMKM bersama Grup Astra, sehingga total dana bergulir yang disalurkan adalah Rp2,313 miliar kepada 803 UMKM.

Baca juga: FIFGroup bagikan hewan kurban 371 kambing dan 3 sapi

Baca juga: FIFGroup gelar kompetisi inovasi bantu kembangkan SDM

Baca juga: FIFGROUP lakukan penanaman 4.500 pohon pada 55 titik di Indonesia

Pewarta : Suryanto
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar