Menteri Kelautan dan Perikanan siap modernisasi PPN Pengambengan-Bali

id pemkab jembrana, menteri kelautan,menteri kelautan dan perikanan

Menteri Kelautan dan Perikanan siap modernisasi PPN Pengambengan-Bali

Menteri Kelautan Dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono saat meninjau vaksinasi di Pelabuhan Perikanan Nusantara di Desa Pengambengan, Kabupaten Jembrana, Jumat (30/7/2021). ANTARA/Gembong Ismadi/pri.

Negara, Jembrana (ANTARA) - Menteri Kelautan Dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono menyatakan pihaknya siap melakukan modernisasi Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) yang berlokasi di Desa Pengambengan, Kabupaten Jembrana, Bali.

"Fasilitas di pelabuhan ini akan ditingkatkan, sehingga menjadi pelabuhan yang modern serta mampu menampung kapal penangkap ikan ukuran besar," kata Trenggono saat mengunjungi pelabuhan tersebut, Jumat.

Menurut dia, dengan lokasi di Bali yang identik dengan pariwisata, maka PPN Pengambengan juga perlu mengadopsi konsep tersebut, dengan menjadi pelabuhan yang layak dikunjungi wisatawan.

Dengan konsep yang modern dan bersih, lanjutnya, maka keberadaan pelabuhan di Kecamatan Negara ini akan bisa menarik wisatawan untuk datang.
Baca juga: Menteri Kelautan minta sinergi pemda perhatikan pelabuhan perikanan

Untuk mencapai target tersebut, ia menyatakan ingin secepatnya, namun berdasarkan tahapan program baru akan tercapai pada tahun 2025.

Saat penambahan fasilitas sudah tercapai, Menteri Kelautan dan Perikanan mengutarakan harapannya agar kapal-kapal penangkap ikan yang biasanya berada di laut selama beberapa bulan bisa berlabuh di pelabuhan tersebut.

"Sekarang yang berlabuh di sini adalah perahu nelayan dengan pola tangkap one day fishing, atau hanya satu malam di laut. Ke depan kami ingin kapal yang biasanya beberapa bulan melaut, bisa berlabuh di sini," kata Trenggono.
Baca juga: KKP: Sejumlah pelabuhan perikanan menggeliat pada masa pandemi

Keberadaan kapal-kapal besar penangkap ikan di pelabuhan tersebut akan mampu meningkatkan ekonomi Kabupaten Jembrana. Sedangkan beberapa fasilitas yang akan ditambah antara lain doking untuk kapal, serta fasilitas modern lainnya yang berstandar internasional.

Selain meninjau areal pelabuhan, ia bersama Bupati Jembrana I Nengah Tamba juga menyaksikan langsung vaksinasi COVID-19 yang dilakukan di areal pelabuhan. Kepada masyarakat yang mengikuti vaksinasi di lokasi tersebut ia menyerahkan bantuan sosial berupa paket sembako, serta memberikan motivasi untuk mengikuti vaksinasi sebanyak dua kali.

"Saya sudah dua kali vaksinasi, bapak dan ibu sekalian juga harus dua kali ya. Vaksinasi penting untuk menekan laju penularan," katanya.
Baca juga: KKP gandeng KPK gelar pelatihan integritas petugas pelabuhan perikanan

Di sisi lain ia mengatakan, salah satu kelompok masyarakat yang tidak terdampak pandemi secara ekonomi adalah nelayan.

"Selama mereka bisa melaut dan mendapatkan ikan, ekonomi mereka akan normal-normal saja. Secara global, selain sektor farmasi, sektor pangan seperti nelayan ini tidak terlalu terdampak COVID-19 dari sisi ekonomi," katanya.

Selain ke Pelabuhan Perikanan Nusantara, ia juga mengunjungi Balai Riset Dan Observasi Laut di Desa Perancak, serta Politeknik Negeri Kelautan Dan Perikanan di Desa Pengambengan.

Baca juga: Dukung peningkatan PNBP, KKP optimalkan peran pelabuhan perikanan

Pewarta : Naufal Fikri Yusuf/Gembong Ismadi
Editor: M Razi Rahman
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar