INACA apresiasi Kemenhub-TNI AU buka gerai vaksin di Curug

id inaca,kemenhub,tni au,vaksin

INACA apresiasi Kemenhub-TNI AU buka gerai vaksin di Curug

Ketua Umum INACA Denon Prawiraatmadja (kiri) saat menghadiri peresmian kegiatan Gerai Vaksin di PPI Curug, Banten, Sabtu (31/7/2021). ANTARA/HO-INACA

Jakarta (ANTARA) - Asosiasi Perusahaan Penerbangan Nasional Indonesia (INACA) mengapresiasi Kementerian Perhubungan dan TNI AU membuka gerai vaksin dan ruang isolasi mandiri di Politeknik Penerbangan Indonesia (PPI) Curug, Banten, yang diperuntukkan masyarakat umum dan pekerja transportasi udara.

"INACA sangat mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Kemenhub dan TNI AU dalam menyikapi situasi COVID-19 ini dengan membuat gerai vaksin dan mengalih fungsikan asrama taruna menjadi ruang isolasi mandiri bagi penderita," kata Ketua Umum INACA Denon Prawiraatmadja dalam keterangan tertulisnya saat menghadiri peresmian kegiatan Gerai Vaksin di PPI Curug, Banten, Sabtu.

Seperti yang diketahui Kementerian Perhubungan berkolaborasi dengan TNI AU menggelar program Gerai Vaksin di PPI Curug yang dihadiri langsung oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo. Pemberian vaksin di PPI Curug dilaksanakan selama dua hari, yaitu mulai Sabtu 31 Juli 2021 hingga Minggu 1 Agustus 2021.

"Saya terharu, kolaborasi antara TNI dan sipil untuk melakukan program vaksinasi massal sebagai bagian dari 'Serbuan Vaksin' berjalan baik. Untuk pelaksanaan vaksin hari ini dikhususkan untuk masyarakat dan anak berusia 12-18 tahun di wilayah sekitar Kabupaten Tangerang," kata Menhub Budi Karya.

Ia juga menjelaskan adapun target penerima vaksin sebanyak 4.000 orang yang menyasar masyarakat sekitar, pelajar usia di atas 12 tahun, dan para pekerja di sektor transportasi. Dan kedepannya, pelaksanaan serbuan vaksinasi massal akan dilakukan di lebih 30 lokasi sekolah transportasi di luar Pulau Jawa.

"Dalam kegiatan vaksinasi ini, dikerahkan sejumlah tenaga kesehatan dari Kemenhub, TNI AU, Dinas Kesehatan, dan Puskesmas setempat. Kegiatan vaksinasi ini juga didukung oleh PT Angkasa Pura I, PT Angkasa Pura II, dan Airnav Indonesia," katanya.

KSAU Marsekal Fadjar menyatakan serbuan vaksinasi yang dilakukan ini diharapkan dapat mencapai target yang diharapkan yaitu hingga 1 juta jiwa per hari. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka mendukung upaya pemerintah, untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam program vaksinasi. Hal ini dilakukan demi mencapai kekebalan komunal yang diharapkan dapat kembali memulihkan dan menggerakkan kegiatan ekonomi.

"Saya menyampaikan apresiasi kepada para tenaga kesehatan yang berasal dari gabungan TNI, Kemenhub, dan pemerintah Kabupaten Tangerang yang telah bekerja dengan baik untuk melaksanakan serbuan vaksinasi massal," tutupnya.

Pada kesempatan ini, tidak hanya membuat kegiatan vaksinasi dan pembagian bantuan, Menhub, Kasau, Ketua INACA dan rombongan juga melihat persiapan PPI Curug yang menyediakan ruang isoman yang berjumlah 42 kamar. Ruang isoman ini dapat digunakan bagi masyarakat sekitar dan juga para pekerja transportasi udara.

Baca juga: Inaca: Bantuan terhadap maskapai tidak harus dana segar
Baca juga: Pakar: Sektor penerbangan diprediksi membaik awal 2022
Baca juga: Inaca nilai tepat Garuda Indonesia optimalkan angkutan kargo

Pewarta : Ahmad Wijaya
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar