Jakarta (ANTARA) - The Walt Disney Co. telah menambahkan namanya ke daftar perusahaan besar yang mewajibkan karyawannya divaksinasi COVID-19 sepenuhnya.

Mengutip Deadline, Minggu, persyaratan baru berlaku untuk semua karyawan di Amerika Serikat, dan perusahaan mengatakan bahwa mereka berbicara dengan serikat pekerja yang mewakili pekerja di bawah perjanjian perundingan bersama.

"Di The Walt Disney Company, keselamatan dan kesejahteraan karyawan kami selama pandemi telah dan terus menjadi prioritas utama. Untuk itu, dan berdasarkan rekomendasi terbaru dari para ilmuwan, pejabat kesehatan, dan profesional medis kami sendiri bahwa vaksin COVID-19 memberikan perlindungan terbaik terhadap infeksi parah, kami mewajibkan semua karyawan tetap dan non-serikat pekerja di AS yang bekerja di salah satu situs kami divaksinasi sepenuhnya," kata perusahaan melalui keterangannya.

Karyawan yang belum divaksinasi tetapi bekerja di lokasi akan memiliki waktu 60 hari untuk "menyelesaikan protokol mereka dan setiap karyawan yang masih bekerja dari rumah perlu memberikan verifikasi vaksinasi sebelum mereka kembali, dengan pengecualian terbatas tertentu," kata perusahaan itu.

"Kami juga telah memulai percakapan seputar topik ini dengan serikat pekerja yang mewakili karyawan kami di bawah perjanjian perundingan bersama. Selain itu, semua karyawan baru akan diminta untuk divaksinasi lengkap sebelum mulai bekerja. Vaksin adalah alat terbaik yang kita semua miliki untuk membantu mengendalikan pandemi global ini dan melindungi karyawan kita," imbuhnya.

Awal pekan ini, Netflix mengumumkan persyaratan vaksin untuk pemain dan kru dalam produksinya. Perusahaan baru besar yang juga telah mengadopsi beberapa bentuk mandat vaksin termasuk Google, Facebook, Twitter, The Washington Post dan Lyft dan Uber.

Persyaratan baru Disney datang sebagai salah satu pusat operasinya, Orlando, Florida, rumah dari Walt Disney World, sedang menjalani apa yang disebut pejabat publik setempat sebagai "mode krisis" mengingat lonjakan kasus COVID-19. Orange County di Florida juga mengumumkan keadaan darurat lokal pada hari Rabu.

Baca juga: Kemarin, Scarlett Johansson gugat Disney hingga tips jaga persahabatan

Baca juga: Disneyland kembali berlakukan penggunaan masker di area indoor

Baca juga: "Jungle Cruise" ajak penonton berpetualang di hutan hujan Amazon

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021