Jakarta (ANTARA) - Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan atau The Daddies, serta pelatih dan atlet lain yang tergabung dalam rombongan kedua tim Indonesia Olimpiade Tokyo telah tiba di Tanah Air pada Minggu.

Kedatangan mereka disambut oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali di Bandara Soekarno-Hatta.

“Para atlet yang saat ini masih punya harapan untuk ikut Olimpiade Paris 2024, kami harapkan tetap semangat. Apa yang sudah selesai di Tokyo, itu biarlah sudah ada di belakang kita,” kata Zainudin dalam jumpa pers yang diikuti secara virtual, Minggu.

Baca juga: Menpora berpesan atlet yang belum dapat medali jangan berkecil hati

“Anda semua, atlet, pelatih, tenaga pendamping adalah para pejuang dan kami apresiasi,” ujar dia menambahkan.

Zainudin meminta kepada para atlet untuk mengalihkan fokus dan mempersiapkan diri menghadapi kualifikasi Olimpiade 2024 Paris yang akan segera dimulai dalam waktu dekat.

Sebanyak 17 orang terdiri dari atlet dan pelatih sudah tiba di Tanah Air. Mereka adalah atlet dan pelatih dari cabang panahan, renang, dan sebagian atlet bulu tangkis.

Baca juga: Eko Yuli Irawan dan Windy Cantika kembali ke Tanah Air

Sebelumnya, rombongan pertama yang terdiri dari tujuh atlet sudah tiba pada Kamis (29/7) malam. Tujuh atlet tersebut, yaitu Eko Yuli Irawan, Windy Cantika Aisah, Deni dari cabang angkat besi, Mutiara Putri dan Melani Putri (dayung), Azzahra Permatahani (renang) dan Rio Waida (surfing).

Meski demikian, masih ada beberapa atlet Indonesia yang akan melanjutkan perjuangannya di Olimpiade Tokyo.

Ganda putri bulu tangkis Greysia Polii/Apriyani Rahayu akan melakoni laga final pada Senin (2/8) melawan pasangan nomor dua dunia Chen Qing Chen/Jia Yi Fan dari China. Kemudian, Anthony Sinisuka Ginting akan menjalani laga perebutan medali perunggu menghadapi wakil Guatemala, Kevin Cordon.

Selain itu, lifter Nurul Akmal juga baru akan tampil esok dalam pertandingan perebutan medali kelas +87kg.

Baca juga: Greysia Polii/Apriyani Rahayu, sejarah baru bulu tangkis Indonesia
Baca juga: Ginting berharap menangi medali perunggu dari Olimpiade perdana
Baca juga: PB PASI apresiasi pencapaian Zohri dan Alvin pada Olimpiade Tokyo


Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2021