Puluhan anak berkebutuhan khusus ikut vaksin COVID-19 di Jakarta Utara

id vaksinasi jakarta

Puluhan anak berkebutuhan khusus ikut vaksin COVID-19 di Jakarta Utara

Petugas tenaga kesehatan memberikan vaksinasi kepada pelajar berkebutuhan khusus di Koja, Jakarta Utara, Minggu (1/8/2021). ANTARA/Dokumen Pribadi

Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 82 anak berkebutuhan khusus antusias mengikuti vaksinasi massal dosis pertama di Posko Satgas COVID-19 Sentra Vaksinasi NasDem Peduli wilayah Jakarta Utara.

Salah seorang guru dari Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 04 Walang Kecamatan Koja Kota Jakarta Utara, Endang mengatakan siswa berkebutuhan khusus tersebut menjadi perhatian berbagai pihak untuk mendapatkan vaksin COVID-19.

"Tidak terkecuali bagi peserta didik dengan kebutuhan khusus," kata Endang melalui keterangan tertulis di Jakarta, Senin.

Berdasarkan data terdapat 82 pelajar berkebutuhan khusus yang mendaftarkan diri, namun dua anak tidak mengikuti vaksin karena tekanan darah tinggi dan sudah menerima vaksinasi.

Endang menyebutkan vaksinasi COVID-19 menjadi kebutuhan bagi seluruh elemen masyarakat agar membentuk kekebalan tubuh kelompok (herd immunity) di tengah ancaman wabah COVID-19.

Baca juga: Vaksinasi Merdeka sasar ratusan warga Muara Angke

Sebagai guru, Endang berharap kondisi murid SLBN 04 Walang dalam kondisi sehat setelah menerima vaksin dosis pertama.

Endang juga mengharapkan para murid kebutuhan khusus dapat menjalankan kegiatan belajar tatap muka usai menerima vaksin tahap pertama.

Karena menurut Endang, proses belajar daring (online) menghambat sistem pembelajaran bagi murid yang berkebutuhan khusus.

"Anak-anak berkebutuhan khusus ini memiliki kesulitan belajar dengan menggunakan sistem teknologi, jadi sangat mengandalkan orang tuanya," ujar Endang.

Data per Minggu (1/8) menunjukkan 82.000 orang telah menerima vaksin dosis pertama di seluruh sentra dan mobil keliling vaksinasi NasDem Peduli di wilayah DKI Jakarta.

Baca juga: Anies: Kegiatan di Jakarta normal kembali setelah semua sudah divaksin

Sementara itu, Ketua Fraksi Partai NasDem DPRD DKI Jakarta, Wibi Andrino mengungkapkan pemberian vaksin dosis kedua mulai berlangsung di Posko Satgas COVID-19 Sentra Vaksinasi NasDem Peduli se-DKI Jakarta pada 2-29 Agustus 2021.

Wibi mengatakan masyarakat yang telah menerima vaksin dosis pertama dapat hadir langsung untuk mendapatkan vaksin dosis kedua sesuai jadwal yang telah ditentukan di Sentra Vaksinasi NasDem Peduli.

Sekretaris Wilayah DPW Partai NasDem DKI itu menyatakan peserta vaksin dosis kedua merupakan warga yang telah mendapatkan vaksin pertama di Posko vaksinasi NasDem.

Diketahui, Posko Sentra Vaksinasi NasDem telah melaksanakan vaksinasi pertama sejak 5 Juli-1 Agustus dan dosis kedua mulai 1-29 Agustus 2021.

Baca juga: DKI percepat dosis kedua untuk ciptakan kekebalan komunal secara penuh

Pewarta : Taufik Ridwan
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar