Rio Waida akan bermain di Heat 3 pada Corona Open Mexico 2021

id Olimpiade Tokyo,Rio Waida,peselancar Rio Waida,Corona Open Mexico

Rio Waida akan bermain di Heat 3 pada Corona Open Mexico 2021

Peselancar Indonesia Rio Waida beraksi di putaran kedua cabang olahraga selancar Olimpiade Tokyo di Pantai Tsurigasaki, Tokyo, Jepang, Minggu (25/7/2021). Rio lolos ke babak 16 besar cabor selancar Olimpiade Tokyo. ANTARA FOTO/REUTERS/Lisi Niesner/rwa.

Jakarta (ANTARA) - Rio Waida akan mengikuti turnamen internasional Corona Open Mexico 2021 pekan depan bersaing dengan sejumlah nama atlet selancar ombak papan atas dunia.

Dalam undian untuk event tersebut, dikutip dari laman resmi World Surf League, Jumat, Rio Waida akan bertanding di Heat 3 bersaing dengan Morgan Cibilic dari Australia dan Deivid Silva dari Brazil.

Cibilic saat ini merupakan peselancar nomor 4 dunia, sedangkan Silva ada di peringkat 24 dunia. Sementara, Rio Waida saat ini berada di peringkat 27 Qualifying Series, belum masuk dalam Top 34 atlet selancar dunia.

Baca juga: Rio Waida kantongi "wildcard" dan siap berlaga di Corona Open Mexico

Rio Waida mendapatkan wildcard untuk mengikuti Corona Open Mexico 2021, yang merupakan bagian dari World Championship Tour, turnamen yang hanya dapat diikuti oleh Top 34 atlet selancar ombak dunia.

Peselancar berdarah Indonesia-Jepang itu mendapatkan tiket wildcard bersama dua olimpian lain, yakni Silvana Lima dari Brazil dan Lucca Mesinas dari Peru.

Rio Waida dinilai sebagai salah satu peselancar paling progresif dan berbakat yang berasal dari kawasan Asia-Pasifik.

Pembawa bendera Indonesia pada upacara pembukaan Olimpiade Tokyo itu dianggap mempunyai peluang yang sangat kuat untuk mengikuti World Championship Tour.

Corona Open Mexico 2021, yang akan berlangsung pada 10-19 Agustus 2021, juga akan mempertemukan peraih medali Olimpiade Tokyo, salah satunya peselancar Brazil yang membawa pulang emas Italio Ferreira akan bersaing di Heat 5.

Baca juga: Rio Waida terdepak di babak 16 besar Olimpiade Tokyo
Baca juga: Ketum KOI bilang Rio Waida punya potensi luar biasa


Peselancar Jepang peraih perak Kanoa Igarashi, yang juga ambil bagian dalam event tersebut, akan bertanding di Heat 1, sementara Owen Wright dari Australia yang merebut perunggu Olimpiade akan bersaing di Heat 8.

Corona Open Mexico mempertandingkan 12 Heat pada putaran pertama. Masing-masing Heat terdiri dari tiga peselancar. Nantinya, satu peselancar dengan skor tertinggi dari masing-masing Heat akan berlanjut ke putaran selanjutnya.

Pelatih tim nasional selancar ombak Tipi Jabrik, kepada Antara, Kamis, mengatakan bahwa Rio Waida akan mengikuti Challenger Series untuk dapat masuk dalam Top 34 peselancar dunia agar dapat mengikuti World Championship Tour tanpa embel-embel wildcard.

Usai Corona Open Mexico 2021, menurut Tipi, Rio Waida akan mengikuti Challenger Series di Huntington Beach, California, kemudian berlanjut ke Prancis dan Portugal.

Baca juga: Medali emas selancar ombak Olimpiade suntik semangat di Brazil
Baca juga: Debut selancar ombak di Olimpiade bawa tantangan baru untuk Indonesia

Pewarta : Arindra Meodia
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar