Kemhan melakukan transformasi sumber daya manusia di bidang pertahanan yang unggul dalam aspek kesehatan.
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto mengatakan Kementerian Pertahanan (Kemhan) dan TNI melakukan langkah proaktif dalam penanganan COVID-19 di Indonesia.

"Kementerian Pertahanan dan TNI terus melakukan berbagai langkah dan upaya proaktif dalam mendukung penanganan COVID-19," kata Menhan Prabowo dalam video pidato memperingati Hari Veteran Nasional tahu 2021 yang dikirimkan Humas Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI), Rabu.

Menhan Prabowo mengatakan bahwa langkah proaktif itu, antara lain dilakukan dengan mendorong pelaksanaan fungsi koordinasi dan sinergi bersama kementerian dan lembaga terkait dalam rangka percepatan penanganan COVID-19.

Kementerian yang dipimpinnya itu juga meningkatkan kemampuan serta kapasitas sarana dan prasarana kesehatan di lingkungan Kemhan dan TNI yang meliputi fasilitas kesehatan TNI agar memenuhi standar yang disyaratkan dalam penanganan pandemi seperti dengan menghadirkan ruang khusus bagi perawatan pasien COVID-19 hingga penyediaan ventilator.

Prabowo menyebut kapal rumah sakit milik TNI AL yakni Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) dr. Soeharso dan KRI Semarang juga telah dilengkapi dengan fasilitas kesehatan dan siap untuk turut proaktif dalam upaya penanganan COVID-19.

Mantan Danjen Kopassus itu menyatakan lembaga farmasi, biologi, dan vaksinasi di bawah koordinasi Kemhan telah siap dalam penanganan pandemi.

Ia mengatakan bahwa Batalyon Kesehatan (Yonkes) 1 dan 2 Kostrad, Yonkes Korps Marinis, dan Yonkes Denma Mabes TNI AU juga dikerahkan dalam penanganan COVID-19.

Baca juga: Ketum DPP LVRI: Jangan biarkan pemerintah sendiri mengatasi COVID-19

Selain itu, kata Menhan, meningkatkan kuantitas dan kualitas sumber daya manusia di bidang kesehatan TNI seperti membentuk komponen pendukung yang selalu bersiaga.

Kemhan, lanjut Prabowo, melakukan transformasi sumber daya manusia di bidang pertahanan yang unggul dalam aspek kesehatan, terutama ahli di bidang laboratorium, epidemiologi, farmasi, virologi, nubika aspek kesehatan, hingga pertahanan biologi (biodefense).

"Melakukan transformasi di bidang pendidikan tinggi di Universitas Pertahanan (Unhan) degan mendirikan fakultas kedokteran militer, farmasi militer, serta fakultas teknik militer," ujar Menhan Prabowo.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama Menhan Prabowo juga menyampaikan ucapan selamat Hari Veteran Nasional 2021 kepada seluruh veteran di Tanah Air yang telah berjuang membela dan mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Ia menilai tema Hari Veteran Nasional tahun ini "Bersama pemerintah veteran seluruh Indonesia siap membantu memberantas COVID-19" sangat relevan dengan peran veteran sebagai bagian dari komponen bangsa yang juga perlu berkontribusi dalam penanganan pandemi.

"Hal ini merupakan wujud nyata dari bela negara saat ini terkait dengan ancaman pandemi COVID-19 masih belum berakhir," ujar Menhan Prabowo.

Baca juga: LVRI ajak pemuda dan masyarakat bersatu padu hadapi pandemi COVID-19

Pewarta: Muhammad Jasuma Fadholi
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2021