Membutuhkan informasi dan pengalaman para atnaker
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) RI mengapresiasi tujuh atase Ketenagakerjaan (atnaker) yang telah memberikan dedikasi, loyalitas dan kinerja positif selama menjalankan tugas di negara penempatan.

"Saya rasa banyak unit yang sangat membutuhkan informasi dan pengalaman para atnaker ketika mengatasi isu ketenagakerjaan sebagai dasar-dasar untuk perbaikan kebijakan program maupun kegiatan yang dilakukan unit kerja di Kemnaker," kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemnaker Anwar Sanusi dalam keterangan di Jakarta, Sabtu.

Tujuh Atnaker tersebut adalah Atnaker Riyadh, Arab Saudi, Sa'dullah, Decky Haedar Ulum (Kedutaan Besar Republik Indonesia atau KBRI Abu Dhabi di Uni Emirat Arab), Budhi Hidayat Laksana (KBRI Kuala Lumpur di Malaysia), Budi Wikaningtyas (KBRI Bandar Seri Begawandi Brunei Darussalam), Alamsyah (KBRI Kuwait) dan Rosinna Manullang (KBRI Seoul di Republik Korea) dan Hadi Suseno (KBRI Amman di Jordania).

Dua Atnaker yakni Suseno Hadi dan Alamsyah akan pindah tugas ke KBRI Riyadh di Arab Saudi dan Alamsyah menempati posisi baru di KBRI Abu Dhabi di Uni Emirat Arab.

Sekjen Kemnaker Anwar menuturkan pengalaman dan pengetahuan para Atnaker selama bertugas di negara penempatan diharapkan dapat disumbangkan kepada unit-unit di lingkungan Kemnaker yang membutuhkan.

Ia meyakini para Atnaker yang telah mengabdi di negara penempatan akan menjadi tim baru dan akan memberikan sesuatu yang baru bagi unit-unit di Kemnaker.

Anwar berharap ke depan Kemnaker memiliki pola karir sistem yang sangat baku dan yang menunjukkan adanya prestasi kerja atau kinerja dengan tingkat jabatan atau promosi yang akan diemban atau diberi mandat.

"Sehingga ini akan memacu siapapun untuk memotivasi diri agar bisa bekerja sebaik-baiknya," ujarnya

Kepada Atnaker yang akan berpindah tugas ke negara penempatan, Anwar berpesan agar meneruskan kebaikan-kebaikan dan kebijakan yang dilakukan Atnaker sebelumnya.

"Karena mereka pernah memiliki pengalaman sebelumnya sebagai Atase, dia akan bisa berkarya lagi lebih baik berdasarkan pengelaman-pengalaman yang pernah dilakukan sebelumnya, " tuturnya.

Baca juga: Kemenaker diminta buka kran pengiriman pekerja migran ke Malaysia

Baca juga: Kemnaker matangkan kebijakan program BSU 2021


Atnaker Suseno memberikan apresiasi atas kepercayaan dan perhatian Kemnaker untuk menjadikannya sebagai Atnaker di Riyadh, Arab Saudi.

Ia mengaku siap memberikan kontribusi positif bagi negara di negara penempatan baru di Riyadh, Arab Saudi.

"Kami berkomitmen untuk terus bisa berkontribusi yang terbaik pada Kementerian baik saat bertugas di perwakilan maupun setelah kembali lagi ke tanah air," tuturnya.

Sementara Sa'dullah mengucapkan selamat menjalankan tugas kepada Suseno Hadi sebagai pengganti dirinya sebagai Atnaker di Riyadh.

"Selamat melanjutkan tugas-tugas yang belum terselesaikan selama kami menjalankan tugas. Kami akan siap bekerja sama dan membantunya," ujarnya

Baca juga: Kemnaker terus perluas akses informasi dan edukasi ketenagakerjaan

Baca juga: Kemnaker gelar sosialisasi pemetaan potensi dan kompetensi PNS

 

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2021