Peselancar Australia Gilmore dan Robinson menangi Corona Open Mexico

id Corona Open Mexico,selancar ombak,kejuaraan dunia selancar ombak,aa

Peselancar Australia Gilmore dan Robinson menangi Corona Open Mexico

Arsip foto - Peselancar Australia Stephanie Gilmore dalam babak pertama Olimpiade Tokyo di Tsurigasaki Surfing Beach, Tokyo, Minggu (25/7/2021). ANTARA/REUTERS/Lisi Niesner/aa.

Jakarta (ANTARA) - Juara dunia tujuh kali Stephanie Gilmore dari Australia mengamankan tempat di final liga selancar dunia, World Surf League (WSL), bulan depan setelah memenangi Corona Open Mexico.

Untuk putra, rookie Australia, Jack Robinson, memenangi turnamen World Championship Tour (WTC) pertamanya setelah kompetisi selancar ombak tingkat dunia itu kembali ke Barra De La Cruz di Oaxaca, Meksiko, setelah absen selama 15 tahun.

Robinson, yang menumbangkan peselancar Indonesia Rio Waida pada babak 16 besar, dengan manuver udara berhasil mengungguli total poin Deivid Silva dari Brazil dalam laga final.

Baca juga: Rio Waida kandas di babak 16 besar Corona Open Mexico 2021

"Wooooah! Saya berhasil," kata Robinson dalam sebuah wawancara di tepi pantai setelah kemenangannya, dikutip dari Reuters, Sabtu.

"Semua orang berselancar dengan sangat baik, tetapi bisa naik dan berada di atasnya, saya merasa seperti saya bisa melakukan itu setiap Heat. Saya berada di tempat yang bagus," kata peselancar berusia 23 tahun itu.

Gilmore, yang mengasah keterampilannya pada gelombang pointbreak serupa di Gold Coast Australia, mengalahkan juara dunia dan juara Olimpiade Tokyo Carissa Moore di semifinal sebelum mengalahkan Malia Manuel dari Hawaii di final.

"Perasaan terbaik yang pernah ada! Saya sudah lama tidak memenangi kontes," kata Gilmore.

Perhentian terakhir dari tur kejuaraan dunia tersebut, yang telah dijadwalkan di Tahiti akhir bulan ini, dibatalkan setelah Polinesia Prancis memberlakukan keadaan darurat karena lonjakan kasus COVID-19.

Di bawah format baru yang diperkenalkan tahun ini, putra dan putri yang berada di peringkat lima besar setelah tujuh event lolos ke final WSL yang akan digelar di Lower Trestles di San Clemente, California, bulan depan.

Sebelumnya, juara dunia ditentukan oleh poin yang dikumpulkan sepanjang musim.

Moore berada di peringkat teratas putri, diikuti oleh veteran Australia Sally Fitzgibbons, Tatiana Weston-Webb dari Brazil, Gilmore, dan Johanne Defay dari Prancis.

Sementara itu, trio Brazil Gabriel Medina, peraih emas Olimpiade Tokyo Italo Ferreira, Filipe Toledo akan bergabung di final putra bersama Conner Coffin dari Amerika Serikat dan rookie Australia Morgan Cibilic.

Baca juga: Rio Waida akui semakin percaya diri di turnamen usai Olimpiade Tokyo
Baca juga: Selancar ombak dan skateboard bantu naikkan trafik penonton Olimpiade


 

Pewarta : Arindra Meodia
Editor: Dadan Ramdani
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar