Makassar (ANTARA) - Dirjen Pelayanan Kesehatan Kemenkes RI Prof dr Abdul Kadir PhD SpTHT-KL(K) MARS menyerahkan bantuan alat ke RSPTN Unhas dalam rangka penanganan wabah pandemi COVID-19 di wilayah Sulawesi Selatan di Makassar, Senin.

Prof Abdul Kadir menyampaikan pemberian donasi alat kesehatan COVID-19 atas dasar kecenderungan kasus pandemi yang masih meningkat di luar pulau Jawa, salah satunya wilayah Sulawesi Selatan.

"Seiring dengan peningkatan pasien COVID-19 yang masih cenderung tinggi, hal ini pula turut mempengaruhi ketersediaan ruangan dan alat kesehatan untuk memenuhi kebutuhan perawatan pasien," ujarnya.

"Sehingga, pemeriksaan kondisi kesehatan pasien cepat tertangani sesuai standar operasional dan prosedur," lanjutnya.

Adapun bantuan alat kesehatan yang diberikan yakni, 10 unit Ventilator Portable, 5 unit Ventilator Invasif, 10 Unit High Flow Nasal Cannula, 10 Unit Oxygen Concentrator dan 1 set alat pelindung diri.

Rektor Unhas Prof Dr Dwia Aries Tina Pulubuhu MA, mengucapkan terima kasih atas dukungan serta kontribusi seluruh pihak yang terlibat dalam penangan COVID-19 di wilayah Sulsel, terkhusus bagi sivitas akademika yang telah memberikan aksi nyata untuk menyediakan sarana dan prasarana bagi pasien.

"Kita telah menyediakan kawasan tempat isolasi mandiri pasien COVID-19 bagi sivitas akademika yang terdampak serta memaksimalkan pelayanan kesehatan di RSPTN Unhas untuk perawatan pasien COVID-19," jelas.

Lebih lanjut, Prof Dwia menuturkan bantuan alat kesehatan yang diterima dari Dirjen Pelayanan Kesehatan Kemenkes RI adalah sebagai upaya untuk mengoptimalkan pelayanan kesehatan COVID-19.

Bantuan ini diharapkan dapat mengurangi penambahan kasus yang signifikan dan kasus kematian yang terus bertambah.

Baca juga: Kemenkes: Kesiapan RS, obat, dan alat kesehatan untuk COVID-19 cukup

Baca juga: Kemenkes permudah prosedur pengadaan alkes impor dan dalam negeri

Baca juga: Panglima TNI perintahkan kirim alat kesehatan ke Sumatera

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2021