Sowan ke Pak Wali. Minta izin sekaligus bersinergi supaya armada bus wisata milik Pemkot Madiun bisa bekerja sama dengan arena wisata edukasi yang kami miliki
Madiun (ANTARA) - PT INKA (Persero) bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun, Jawa Timur akan bekerja sama menghadirkan wisata edukasi tentang kereta api guna mendukung pengembangan pariwisata di wilayah setempat.

Direktur Pengembangan PT INKA (Persero) Agung Sedaju mengatakan guna mewujudkan kerja sama tersebut, INKA membangun sinergi antara pemkot dan perusahaannya dengan mendatangi Wali Kota Maidi di Balai Kota Madiun. Pihaknya minta agar pemkot mengarahkan bus pariwisata yang dimilikinya ke lokasi wisata edukasi perkeretaapian yang ada di INKA.

"Sowan ke Pak Wali. Minta izin sekaligus bersinergi supaya armada bus wisata milik Pemkot Madiun bisa bekerja sama dengan arena wisata edukasi yang kami miliki," ujar Agung Sedaju saat melakukan audiensi bersama Wali Kota Maidi di Balai Kota Madiun, Kamis.

Menurut dia, nantinya, INKA akan memiliki area yang dikhususkan sebagai pembelajaran dan arena rekreasi seputar perkeretaapian bagi masyarakat umum.

"Harapannya akan semakin mendukung pengembangan wisata, utamanya wisata edukasi di Kota Madiun," kata Agung.

Wali Kota Maidi menyambut baik rencana PT INKA tersebut. Bahkan, orang nomor satu di Kota Madiun itu memiliki ide untuk membuat museum kereta api sebagai wisata edukasi guna mendukung rencana itu di Madiun.

"Maka dari itu, untuk mewujudkan museum perkeretaapian dibutuhkan kolaborasi dengan Industri Kereta Api di wilayah setempat," kata Maidi.

Ke depan, lanjutnya, keberadaan museum nantinya diharapkan dapat memberikan edukasi hingga pengetahuan tetang perkeretaaapian dan meningkatkan kunjungan wisatawan di Kota Madiun saat pandemi COVID-19 telah berakhir.

Baca juga: PT INKA dan BPPT siap produksi kereta cepat

Baca juga: Kereta medik darurat INKA tampung 60 pasien COVID-19

Baca juga: INKA Group bakal produksi gerbong barang untuk BUMN di Selandia Baru

Baca juga: Presiden harapkan kereta LRT buatan RI bisa diekspor

 

Pewarta: Louis Rika Stevani
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2021