Jakarta (ANTARA) - Sheriff Tiraspol menorehkan sejarah menjadi klub Moldova pertama yang lolos ke babak utama Liga Champions, setelah melewati hadangan jawara Kroasia, Dinamo Zagreb.

Bertandang ke markas Dinamo di Stadion Maksimir, Rabu waktu setempat (Kamis WIB), Sheriff mampu menahan imbang tuan rumah dengan skor 0-0, demikian catatan laman resmi UEFA.

Hasil tersebut membuat Sheriff, yang memenangi leg pertama 3-0 sepekan lalu, berhak lolos ke babak utama mengikuti jejak klub Swiss Young Boys, Benfica (Portugal) dan Malmo FF (Swedia) yang juga meraih tiket fase grup dari jalur playoff.

Baca juga: Sheriff Tiraspol di ambang catatan bersejarah Liga Champions

Memiliki bekal kemenangan 3-0 dari leg pertama, Sheriff bermain relatif pragmatis dan membiarkan Dinamo menguasai tak kurang dari 73 persen penguasaan bola sepanjang laga.

Pragmatisme Sheriff dibarengi penampilan disiplin lini pertahanan mereka serta aksi heroik kiper Giorgos Athanasiadis yang membukukan tak kurang dari tujuh penyelamatan atas 23 percobaan tembakan Dinamo di laga itu.

Sherrif sebetulnya sempat mengancam lebih dulu saat laga baru berusia empat menit melalui sepakan kaki kiri Sebastien Thill menyelesaikan umpan terobosan Henrique Luvannor, sayang bola masih membentur tiang gawang.

Sesudahnya pertandingan nyaris seperti arus lalu lintas satu arah dengan Dinamo berusaha keras menggempur pertahanan tamunya, tetapi peluang awal mereka lewat tembakan Luka Ivanusec bisa diamankan Athanasiadis.

Athanasiadis kembali melakukan penyelamatan pada menit ke-16 atas sontekan kaki kanan Duje Cop sebelum Sheriff sempat balik mengancam lewat tandukan Thill yang bisa diamankan kiper Dominik Livakovic.

Baca juga: Playoff Liga Champions: Shakhtar dan Salzburg menangi leg pertama

Skor nirgol bertahan hingga turun minum dan Dinamo sesekali mengubah serangan mereka dengan spekulasi jarak jauh di babak kedua termasuk tembakan Mislav Orsic yang masih bisa ditepis oleh Athanasiadis pada menit ke-53.

Hasil sepak pojok serangan tersebut berusaha dioptimalkan Bruno Petkovic, tapi sontekan jarak dekatnya kembali disambut reaksi sigap Athanasiadis.

Hingga peluit tanda laga usai berbunyi percobaan-percobaan Dinamo tak kunjung membuahkan hasil, membuat mereka harus rela kembali hanya tampil di fase grup Liga Europa sebagaimana musim lalu saat mencapai perempat final.

Sedangkan Sheriff, yang catatan terbaiknya di Eropa hanyalah fase grup Liga Europa pada 2017/18, akan menjalani debut di fase grup Liga Champions.

Undian grup Liga Champions dijadwalkan berlangsung pada Kamis sore nanti di Istanbul, Turki.

Baca juga: Monaco akan tampakkan wajah aslinya, kata Niko Kovac
Baca juga: 10 pemain Benfica imbangi PSV demi lolos ke fase grup Liga Champions
Baca juga: Young Boys dan Malmo kantungi tiket fase grup Liga Champions

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2021