Indeks STOXX 600 pan-Eropa tergelincir 0,2 persen di awal perdagangan
Jakarta (ANTARA) - Saham Eropa turun tipis pada Jumat menjelang pidato Ketua Bank Sentral AS, Federal Reserve Jerome Powell yang dapat memberikan petunjuk tentang rencana waktu untuk mengurangi program pembelian obligasi.

Indeks STOXX 600 pan-Eropa tergelincir 0,2 persen di awal perdagangan, dengan travel and leisure dan bank memimpin penurunan setelah naik hampir sepanjang minggu.

Dilansir Reuters, investor benar-benar fokus pada pidato Powell di KTT Jackson Hole pada pukul 14.00 GMT setelah beberapa pembuat kebijakan Fed yang hawkish (condong suku bunga tinggi) menyerukan untuk mengurangi pembelian aset lebih dini, membuat investor gelisah pada Kamis (26/8/2021).

Saham Eropa dan AS diperdagangkan mendekati level rekor, tetapi kekhawatiran tentang varian Delta yang sangat menular dari virus corona, momentum ekonomi yang melambat dan pengurangan stimulus secara bertahap telah membebani sentimen investor baru-baru ini.

Sebuah survei menunjukkan kepercayaan konsumen Prancis sedikit berkurang pada Agustus, menyeret turun indeks saham unggulan CAC 40 negara itu sebesar 0,3 persen.

Perusahaan Just Eat Takeaway.com, yang memiliki GrubHub, turun 2,3 persen setelah Dewan Kota New York menyetujui undang-undang untuk melisensikan aplikasi pengiriman makanan dan secara permanen membatasi komisi yang dapat mereka kenakan untuk restoran.

Baca juga: IHSG terkoreksi seiring pelemahan bursa regional dan global
Baca juga: Saham Inggris melemah, Indeks FTSE100 turun 0,35 persen
Baca juga: Saham Prancis melemah, Indeks CAC40 turun 0,16 persen

Penerjemah: Biqwanto Situmorang
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2021