Kami berharap laga-laga selanjutnya dapat segera bergulir hingga akhir kompetisi
Jakarta (ANTARA) - PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) segera melaporkan evaluasi pelaksanaan tiga laga awal Liga 1 musim 2021-2022 kepada pemerintah, terutama dari sisi penerapan protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

Dikutip dari laman PSSI di Jakarta, Senin, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan menyebut bahwa pihak pemerintah ini terutama Kementerian Kesehatan serta Koordinator Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa-Bali sekaligus Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut Pandjaitan.

"Kami berharap laga-laga selanjutnya dapat segera bergulir hingga akhir kompetisi. Untuk itu, kami memohon dukungan dari seluruh pihak," ujar Iriawan.

Baca juga: Dua gol Ezechiel Ndouasel bawa Bhayangkara FC kalahkan Persiraja 2-1

Pemerintah memang menjadikan tiga laga perdana Liga 1 Indonesia 2021-2022 sebagai kesempatan untuk melihat apakah pihak penyelenggara kompetisi, dalam hal ini PSSI dan LIB, dapat menjalankan protokol kesehatan sesuai kesepakatan atau tidak.

Dalam prosesnya, PSSI menilai tiga pertandingan tersebut yaitu Bali United versus Persik pada Jumat (27/8) di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Persipura kontra Persita di Stadion Pakansari, Bogor, Sabtu (28/8) dan Bhayangkara FC melawan Persiraja pada Minggu (29/8) di Indomilk Sport Center, Tangerang, tuntas tanpa kendala berarti.

Mochamad Iriawan menyebut bahwa prosedur kesehatan dilaksanakan secara ketat terhadap semua pihak yang terlibat. Pemeriksaan melalui tes usap PCR dan antigen dilakukan, kemudian setiap orang sudah divaksinasi.

Selain itu, ada pula penggunaan aplikasi PeduliLindungi di pintu masuk stadion.

Baca juga: Dua gol pemain baru bawa Persita tundukkan Persipura 2-1

"Alhamdulillah semua berjalan lancar sehingga pertandingan aman dan terkendali," tutur Iriawan.

Sementara Direktur Utama LIB Akhmad Hadian Lukita memastikan bahwa pihaknya sudah menyusun laporan, yang akan diserahkan kepada pemerintah, sejak hari pertama Liga 1 2021-2022.

Akhmad Hadian pun optimistis laporan tersebut diterima dengan positif oleh pemerintah lantaran pelaksanaan Liga 1 pun diawasi langsung oleh Kementerian Kesehatan, Dinas Kesehatan dan Satgas Penanganan COVID-19 daerah setempat.

"Semoga laporan ini nantinya direspon oleh pemerintah karena kami juga sedang menyiapkan beberapa rencana ke depan," ujar pria asal Jawa Barat tersebut.

Baca juga: Gol tunggal Rahmat bawa Bali United tundukkan Persik 1-0
Baca juga: PSSI optimistis tiga laga awal Liga 1 berjalan lancar

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2021