Tarakan (ANTARA) - Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) XIII menggelar vaksinasi COVID-19 dengan sasaran warga transmigran di wilayah transmigrasi Tanjung Bukak, Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara, Senin.

Danlantamal Laksma TNI Edi Krisna Murti bersama tim gabungan Lantamal XIII dan Kantor Kesehatan Pelabuhan Tarakan telah memvaksin warga transmigran di Satuan Pemukiman (SP), yaitu SP 2, SP 6B, SP 7, SP 8, dan SP 9.

Sebanyak 200 warga menerima vaksin dosis pertama dan 40 warga dosis kedua. Warga transmigrasi di lima SP tersebut, mendatangi tempat vaksinasi di Balai Kampung SP 6B dan SP 7.

Baca juga: Lantamal XIII vaksinasi COVID-19 di Krayan, perbatasan Malaysia

Kadiskes Lantamal XIII Letkol Laut (K) M. Muktadir mengatakan vaksinasi ini merupakan tugas bersama untuk memutus mata rantai COVID-19, di Tanjung Bukak.

"Kawasan ini terisolasi, sehingga vaksinasi dilaksanakan dengan jemput bola. Kami berharap dengan adanya vaksinasi ini dapat mempercepat memutus rantai COVID-19," kata Muktadir.

Wilayah transmigrasi di Tanjung Bukak merupakan kawasan yang hanya dapat dijangkau dengan sarana transportasi sungai.

Sementara itu, Camat Tanjung Palas Tengah Mahmuddin Pallantara mengatakan lokasi transmigrasi tersebut jauh dari pusat kota dan akses warga untuk menuju ke sarana pelayanan kesehatan sangat minim.

"Kegiatan tersebut tidak dilaksanakan di satu tempat, tetapi dengan sistem jemput bola, yakni mendatangi kampung-kampung yang dipusatkan di masing-masing titik kumpul. Warga setempat menyambut dengan cukup antusias," kata Mahmuddin.

Daerah transmigrasi ini dikelilingi oleh sungai, tidak setiap warga mempunyai sarana transportasi untuk menuju pusat pelayanan kesehatan guna mendapatkan vaksin COVID-19.

"Dengan adanya program vaksinasi massal ini kami atas nama warga mengucapkan terima kasih kepada TNI AL yang telah memberikan bantuan dan perhatiannya kepada warga kami, tentu ini sangat memberikan manfaat," katanya.

Baca juga: TNI AL sasar masyarakat perbatasan Malaysia untuk divaksin COVID-19

Baca juga: Lantamal VI operasikan ambulans laut dukung serbuan vaksin COVID-19

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2021