Jakarta (ANTARA) - Direktur Operasional PT Liga Indonesia Baru (LIB) Sudjarno menegaskan bahwa Liga 1 musim 2021 akan dijalankan sesuai dengan arahan pemerintah yang tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 38 tahun 2021.

"Kami akan mengaturnya sesuai itu," ujar Sudjarno kepada Antara di Jakarta, Selasa.

Instruksi yang terbit pada Senin (30/8) itu berbicara tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 4, Level 3 dan Level 2 "Corona Virus Disease" 2019 di Wilayah Jawa dan Bali.

Baca juga: Satgas Penanganan COVID-19 dukung LIB lanjutkan Liga 1

Dalam peraturan tersebut, pelaksanaan Liga 1 disebutkan dalam pada bagian kedelapan.

Dituliskan di sana bahwa, "Kompetisi Sepak Bola Liga 1 (satu) dapat dilaksanakan maksimal 9 (sembilan) pertandingan setiap minggunya dan diselenggarakan di wilayah Kabupaten/Kota dengan kriteria level 3 (tiga) dan level 2 (dua) dengan ketentuan sebagai berikut.

1) Seluruh pemain, ofisial, kru media dan staf pendukung wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk melakukan skrining terhadap orang yang keluar masuk pada tempat pelaksanaan kompetisi dan latihan;

2) Pelaksanaan kompetisi tidak diperbolehkan menerima penonton langsung di stadion. Kegiatan menonton bersama oleh suporter juga tidak diperbolehkan;

3) Seluruh pemain, ofisial, kru media dan staf pendukung yang hadir dalam kompetisi wajib sudah memperoleh vaksinasi dosis kedua, hasil negatif PCR H-1 dan hasil negatif antigen pada hari pertandingan; dan

Baca juga: Iriawan: PSSI evaluasi kinerja wasit tiga laga awal Liga 1

4) Pelaksanaan kompetisi Liga 1 wajib mengikuti aturan protokol kesehatan yang ditentukan oleh Kementerian Kesehatan dan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia".

Sudjarno menyebut, Instruksi Mendagri itulah yang membuat LIB mengumumkan jadwal sembilan pertandingan Liga 1 setiap minggunya.

Liga 1 2021-2022 dimulai sejak 27 Agustus 2021 dan telah menuntaskan tiga pertandingan. Setelah itu, LIB melepas jadwal enam laga lanjutan pekan pertama yang bergulir mulai Jumat, 3 September 2021.

Nantinya, untuk pekan-pekan berikut, jadwal akan disampaikan sekaligus sembilan laga.

Meski demikian, LIB belum dapat memastikan tempat pelaksanaan pertandingan karena harus mempertimbangkan situasi COVID-19 di daerah yang dituju.

Baca juga: PSSI-LIB segera laporkan hasil tiga laga awal Liga 1 ke pemerintah

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2021