Wagub DKI sebut pemprov sudah mulai antisipasi banjir

id Wagub DKI,Riza Patria,Banjir Jakarta,BMKG

Wagub DKI sebut pemprov sudah mulai antisipasi banjir

Petugas mengoperasikan alat berat untuk mengeruk endapan Waduk Pluit di Jakarta, Jumat (27/8/21). Pengerukan tersebut bertujuan mencegah pendangkalan waduk sebagai upaya pencegahan banjir di Ibu Kota. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/foc.

Jakarta (ANTARA) - Wakil Gubernur DKI Jakarta menyebutkan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sudah mulai mengambil langkah antisipasi menghadapi banjir yang kerap mengincar wilayah Ibu Kota.

"Kami sudah mulai rapat-rapat meningkatkan kerja-kerja seperti pengerukan lumpur sungai, kali, waduk, dan berbagai percepatan program-program penanganan banjir pada tahun ini, terus dilakukan," kata Riza di Balai Kota Jakarta, Selasa.

Baca juga: Sudin SDA Jakut bersihkan saluran air di Jalan Petak Asem 1

Langkah antisipasi juga dilakukan dengan mempersiapkan kemungkinan bertambahnya titik banjir sehubungan dengan peningkatan intensitas hujan.

"Sehingga diperlukan kemampuan yang baik untuk melakukan upaya pencegahan, penanganan dan pengendalian banjir, dari instansi terkait seperti BPBD, dan semua dinas lainnya," ujar Riza.

Namun demikian, Riza mengingatkan antisipasi juga harus dimiliki oleh masyarakat dalam persiapan menghadapi banjir.

Diketahui, Badan BMKG memberikan peringatan potensi bencana hidrometeorologi akibat musim hujan yang datang lebih awal di sebagian besar wilayah Indonesia termasuk pulau Jawa.

Baca juga: Gulkarmat Jaktim kerahkan mobil pompa sedot banjir di Cipinang Melayu

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati meminta pemerintah daerah setempat yang rawan terhadap bencana banjir untuk mewaspadai, mengantisipasi dan melakukan aksi mitigasi lebih awal untuk menghindari dan mengurangi risiko bencana.

Puncak musim hujan periode 2021/2022 diprediksi akan terjadi pada Januari dan Februari 2022.

"Perlu menjadi perhatian bersama, terutama di wilayah-wilayah rawan banjir, tanah longsor, dan tanah bergerak seiring intensitas curah hujan yang akan terus semakin meninggi," kata Dwikorita, Kamis (26/8).

Baca juga: Pemkot Jakbar pastikan 136 pompa air berfungsi untuk antisipasi banjir

Pewarta : Ricky Prayoga
Editor: Taufik Ridwan
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar