Gubernur Sulteng minta PUPR bangun sabo dam cegah banjir di Rogo-Sigi

id gubernur sulteng,rusdy mastura,sabo dam,banjir rogo,banjir sigi

Gubernur Sulteng minta PUPR bangun sabo dam cegah banjir di Rogo-Sigi

Gubernur Sulteng Rusdy Mastura meninjau masyarakat dan lokasi terdampak bencana banjir bandang di Desa Rogo, Kabupaten Sigi, Kamis (2/9). ANTARA/HO-Pemprov Sulteng.

Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura meminta kepada Kementerian Pekerjaan Umum agar membangun sabo dam di bagian hulu Sungai Desa Rogo, Kabupaten Sigi, untuk mencegah banjir bandang di desa tersebut.

"Satker Pelaksanaan Jaringan Sumber Air (PJSA) BWSS, Kementerian PUPR, kiranya dapat membantu membangun sabo dam di beberapa desa yang rawan banjir seperti di Desa Rogo," ungkap Rusdy Mastura, di Sigi, Kamis.

Rusdy Mastura bersama jajarannya meninjau kondisi masyarakat dan lokasi terdampak banjir bandang di Desa Rogo, Kecamatan Dolo Selatan, Kabupaten Sigi.

Dalam peninjauan itu, Gubernur Rusdy Mastura meminta kepada PUPR melalui Satker PJSA agar membangun sabo dam atau bangunan penahan sedimen di Desa Rogo.

Selain Desa Rogo, Rusdy Mastura juga meminta PUPR membangun sabo dam di beberapa desa lainnya meliputi Desa Bangga, Kecamatan Dolo Selatan, dan Desa Beka Kecamatan Marawola, Kabupaten Sigi.

"Iya, seperti yang sedang dibangun oleh PJS kerja sama JICA di Desa Poi," katanya.

Baca juga: Banjir bandang terjang Desa Rogo Kabupaten Sigi
Baca juga: Pemkab Sigi kerahkan alat berat atasi dampak banjir bandang Desa Rogo


Kepala Balai Wilayah Sungai Sulawesi (BWSS) III Taufik mengatakan bahwa pihaknya segera membahas pembangunan sabo dam atau bendungan pengendalian air sungai, untuk mencegah terjadi banjir bandang disertai material lumpur dan kayu, di Desa Rogo.

"Jadi untuk menentukan bisa atau tidaknya membangun sabo dam, nanti kita akan bahas dengan pihak-pihak terkait lainnya," ucap Kepala BWSS III, Taufik.

Banjir bandang disertai material lumpur dan kayu menerjang permukiman warga di Desa Rogo, Kecamatan Dolo Selatan, Kabupaten Sigi, pada Minggu (29/8) malam.

Terdapat 80 rumah dan kepala keluarga yang terdampak langsung bencana tersebut. Atas kondisi itu, Kepala Desa Rogo Fuad Hudin berharap kepada pemerintah untuk membangun sabo dam di bagian hulu sungai, agar banjir bandang tidak lagi terjadi.

Menanggapi permohonan itu, Kepala BWSS III Taufi mengatakan usulan tersebut semoga bisa diakomodasi tahun yang akan datang.

"Semoga bisa, kami akan kaji dulu. Karena untuk menentukan pembangunan sabo dam, banyak kriteria yang harus diperhatikan. Tidak sekadar menentukan," katanya.

Baca juga: Warga terdampak banjir bandang di Desa Rogo-Sigi masih mengungsi
Baca juga: Gubernur Sulteng bantu logistik bagi warga terdampak banjir Rogo-Sigi
Baca juga: TNI-AL bantu kebutuhan air bersih warga korban banjir bandang Sigi


 
Gubernur Sulteng Rusdy Mastura meninjau masyarakat dan lokasi terdampak bencana banjir bandang di Desa Rogo, Kabupaten Sigi, Kamis (2/9). ANTARA/HO-Pemprov Sulteng

Pewarta : Muhammad Hajiji
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar