KJRI Karachi luncurkan Forum Pemuda Indonesia dan Pakistan

id KJRI Karachi,Indonesia Pakistan

KJRI Karachi luncurkan Forum Pemuda Indonesia dan Pakistan

Tangkapan layar Konsul Jenderal RI di Karachi June Kuncoro Hadiningrat dalam peluncuran Forum Pemuda Indonesia-Pakistan, Selasa (31/8/2021). (ANTARA/HO-KJRI Karachi)

Jakarta (ANTARA) - Konsulat Jenderal RI di Karachi meluncurkan sebuah forum yang mewadahi hubungan antara pemuda Indonesia dan Pakistan,  memperkuat hubungan antar-masyarakat kedua negara.

Dalam keterangan tertulis KJRI Karachi yang diterima di Jakarta, Jumat, dikatakan bahwa peluncuran Forum Pemuda Indonesia-Pakistan (IPYF) dilakukan secara virtual pada Selasa (31/8), di mana pembentukan forum tersebut didasari oleh kedekatan historis kedua negara.

“Melalui forum ini, para pemuda dapat berkolaborasi dalam memupuk persahabatan melalui berbagai kegiatan yang memberikan manfaat bagi kedua negara,” kata Konsul Jenderal RI di Karachi June Kuncoro Hadiningrat dalam  peluncuran tersebut.

Baca juga: Agen wisata Pakistan sambut baik keputusan Indonesia cabut calling visa

Selain pembukaan resmi IPYF, acara peluncuran juga turut menghadirkan sesi berbagi dari para alumni program kepemudaan dari Direktorat Diplomasi Publik Kemenlu RI, yakni Ary Ogam dari Beasiswa Seni dan Budaya Indonesia, serta Ainna Khairunnisa dari program Outstanding Youth for the World.

Platform IPYF diharapkan dapat menjadi wadah komunikasi dan berjejaring bagi pemuda dan mahasiswa dari kedua negara, agar mereka dapat berbagi informasi dan peluang, seperti beasiswa, kesempatan bekerja, dan berusaha baik di Indonesia maupun Pakistan.

Selain itu, menurut KJRI Karachi, latar belakang kedekatan sejarah yang dimiliki kedua negara belum banyak diketahui di kalangan anak muda Pakistan, dibandingkan dengan generasi yang lebih dewasa yang telah lebih mengenal sejarah hubungan kedua negara.

Forum tersebut juga melibatkan partisipasi aktif para tokoh pemuda di Pakistan sebagai kolaborator, termasuk Zeeshan Lohya dari Z Group of Companies, ketua Forum Bisnis Pakistan-Indonesia Shamoon Zaki, dan CEO e-Magine Huda Garib.

Acara peluncuran pun diakhiri oleh komitmen bersama para peserta untuk berkolaborasi dan menjadikan IPYF sebagai forum berbagi pengalaman dan informasi dari pemuda untuk pemuda, serta guna mendekatkan persahabatan Indonesia dan Pakistan. Pendaftaran IPYF terbuka untuk para mahasiswa dan pemuda yang berminat, dan dapat mendaftar melalui bit.lty/REGIPYF.

Baca juga: KJRI Karachi selenggarakan seminar tentang sawit Indonesia

Baca juga: Pakistan tawarkan kerja sama pendidikan pelayaran


Pewarta : Aria Cindyara
Editor: Mulyo Sunyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar