BPJAMSOSTEK optimistis kepesertaan sektor industri bakal pulih

id BPJAMSOSTEK,kepesertaan jamsostek,subhan gatot,industri peserta jamsostek,peserta jamsostek

BPJAMSOSTEK optimistis kepesertaan sektor industri bakal pulih

Dewan Pengawas BPJAMSOSTEK Subhan Gatot dalam acara peringatan Hari Pelanggan Nasional di kantor layanan BPJAMSOSTEK Cabang Palembang, Senin (6/9/21). (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Palembang (ANTARA) - Dewan Pengawas Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) Subhan Gatot optimistis kepesertaan dari sektor industri bakal pulih seiring dengan perbaikan ekonomi dalam negeri dan global.

“Ada sekitar 13 juta tenaga kerja sektor industri yang dirumahkan dan di-PHK, tapi jika industri kembali membaik, mereka pasti akan direkrut kembali,” kata Subhan setelah menyapa peserta pada peringatan Hari Pelanggan Nasional di kantor layanan BPJAMSOSTEK Cabang Palembang, Sumatera Selatan, Senin.

Ia mengatakan pandemi tak disangkal telah menggerus performa BPJAMSOSTEK, baik dari sisi kepesertaan hingga pendapatan iuran.

Selain itu, lanjut dia, jutaan peserta juga mencairkan dana Jaminan Hari Tua (JHT)-nya lantaran kebutuhan ekonomi di tengah pandemi.

Baca juga: Pekerjaan masa depan, tantangan bagi BPJAMSOSTEK akusisi kepesertaan

Namun di tengah perbaikan sosial ekonomi yang terus dilakukan pemerintah, BPJAMSOSTEK mengamati bahwa kepesertaan akan pulih kembali sehingga target 5 juta tenaga kerja per tahun dapat tercapai.

Saat ini pemerintah membuat ekonomi ini by setting, artinya jika ingin ekonomi tumbuh, maka dilakukan pelonggaran PPKM, jika ingin melambat dilakukan pengetatan, semua disesuaikan dengan situasi terkini COVID-19.

Menurutnya, semua pihak sudah memahami hal ini, terutama pelaku usaha, karena jika tidak didesain demikian maka akan lebih buruk yakni muncul ketidakpastian dalam berbisnis.

“Artinya, pelaku usaha harus mampu beradaptasi, dan BPJAMSOSTEK harus merespons ini dengan cepat,” kata dia.

Baca juga: APEKSI dukung pekerja rentan dan non ASN jadi peserta Jamsostek

 

Pewarta : Dolly Rosana
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar