Wapres serahkan Paritrana Award 2020 secara daring

id Wapres,Ma'ruf Amin,Paritrana Award 2020,BPJS Ketenagakerjaan,BPJamsostek

Wapres serahkan Paritrana Award 2020 secara daring

Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyampaikan sambutan dalam acara Dialog Nasional Lintas Agama Badan Pengelola Masjid Istiqlal secara virtual dari kediaman resmi wapres di Jakarta, Selasa (7/8/2021). (ANTARA/HO-Asdep KIP Setwapres/aa.)

Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden Ma’ruf Amin menyerahkan Penghargaan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan atau Anugerah Paritrana Tahun 2020 kepada 12 penerima dari pemerintah daerah dan pelaku usaha secara simbolis melalui konferensi video dari Jakarta, Kamis.

"Saya menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada semua peserta pemerintah daerah, perusahaan dan UKM yang terlibat di acara Penghargaan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan atau disebut Paritrana Award Tahun 2020," kata Wapres Ma’ruf di Jakarta, Kamis.

Penghargaan Paritrana telah berlangsung sejak 2017 sebagai upaya Pemerintah bersama BPJS Ketenagakerjaan untuk meningkatkan jumlah peserta jaminan sosial ketenagakerjaan, tambahnya.

"Artinya, selama empat tahun ini juga menilai kepatuhan pemerintah provinsi, kabupaten-kota, badan usaha skala besar dan badan usaha skala menengah, serta UKM terhadap pelaksanaan peraturan jaminan sosial," jelasnya.

Baca juga: Wapres: PJJ tidak maksimal, Pemerintah mendorong daerah PTM terbatas
Baca juga: Wapres minta PTM terbatas SD ada pengawasan lebih ketat
Baca juga: Wapres: Perketat pintu masuk RI cegah varian Mu


Wapres juga berharap semakin banyak pemerintah daerah dan pelaku usaha dapat memberikan serta memperbaiki pelayanan jaminan sosial ketenagakerjaan bagi seluruh pekerja di daerah.

Sementara itu, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah dalam sambutannya mengingatkan kepada seluruh pemerintah daerah dan pelaku usaha terkait pentingnya jaminan sosial ketenagakerjaan untuk memberikan kenyamanan bekerja.

"Saya ingatkan kembali pemda dan pelaku usaha bahwa pentingnya Jamsostek ini adalah untuk memberikan perlindungan kepada pekerja, dalam rangka memberikan kenyamanan bekerja," kata Ida.

Dengan adanya kenyamanan bekerja, lanjutnya, maka produktivitas dan kesejahteraan masyarakat dapat terwujud.

"Selanjutnya akan meningkatkan produktivitas kerja, sehingga akan meningkatkan kesejahteraan para pekerja, perusahaan dan masyarakat pada umumnya," ujarnya.

Paritrana Award Tahun 2020 diberikan kepada kategori pelaku UKM, perusahaan menengah, perusahaan besar, pemerintah kabupaten dan kota serta pemerintah provinsi. Masing-masing kategori tersebut terdapat tiga terbaik peraih Paritrana Award.

Di kategori pemerintah provinsi, penghargaan diberikan kepada Yogyakarta, Papua Barat dan Sulawesi Utara. Sementara peraih Paritrana Award Tahun 2020 di kategori pemerintah kabupaten dan kota ialah Kabupaten Raja Ampat, Kota Tangerang Selatan dan Kota Bekasi.


Pewarta : Fransiska Ninditya
Editor: M Arief Iskandar
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar