"Melokalkan SDGs Desa ini penting karena SDGs Desa diharapkan akan berkontribusi secara signifikan dalam pencapaian SDGs nasional 70 persen,"...
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) mengajak para mitra untuk terus bersama-sama terlibat aktif dalam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) Desa.

Sekretaris Jenderal Kemendes PDTT Taufik Madjid dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis menyampaikan bahwa SDGs Desa merupakan upaya desa untuk berkontribusi dalam pencapaian SDGs nasional.

"Melokalkan SDGs Desa ini penting karena SDGs Desa diharapkan akan berkontribusi secara signifikan dalam pencapaian SDGs nasional 70 persen," ujarnya.

Ia mengakui bahwa Kemendes PDTT tidak dapat berjalan sendiri untuk mengusung agenda penting ini (SDGs Desa) secara sendiri.

"Ini membutuhkan kolaborasi dan dukungan semua pemangku kepentingan semua yang berkaitan dengan pembangunan desa," kata Taufik Madjid dalam Forum Kemitraan dalam Mendukung SDGs Desa.

Ia mengharapkan melalui forum itu dapat menghasilkan pokok pikiran sehingga berdampak positif pada pencapaian SDGs Desa yang telah dimulai dengan pemutakhiran data di seluruh desa di Indonesia.

"Data-data tersebut akan dijadikan sebagai pedoman untuk pembangunan desa sehingga dapat dilaksanakan secara cepat dan tepat," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Kemendes PDTT, Erlin Chaerlinatun menyampaikan forum kemitraan ini mempertemukan para mitra yang telah menjalin kerja sama dengan Kemendes PDTT untuk bersinergi dan mendukung tercapainya program-program pembangunan desa.

"Diharapkan selaras dengan visi dan misi Kementerian dan dapat berfokus dalam pencapaian ke-18 tujuan SDGs Desa," kata Erlin.

Acara itu dihadiri 15 narasumber dari perwakilan lembaga mitra kunci dalam pencapaian SDGs Desa dengan tema-tema sesuai 18 tujuan SDGs Desa.

Diantaranya adalah Dukungan Kemitraan untuk Peningkatan Kapasitas SDM dan Keterampilan Masyarakat Desa sesuai tujuan SDGs Desa.

Forum Kemitraan dan Mendukung SDGs Desa ini, disampaikan, mempertemukan berbagai pihak yang menjadi kunci dalam pencapaian SDGs Desa sehingga memunculkan solusi-solusi inovatif terhadap masalah-masalah yang ada berkaitan dengan pembangunan desa.
Baca juga: Implementasi SDGs Desa wujud pemenuhan hak asasi warga, sebut Mendes
Baca juga: Mendes optimistis pembangunan lebih terarah melalui SDGs desa
Baca juga: Mendes PDTT sebut pembangunan desa masih terfokus pada infrastruktur

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2021