KJRI Istanbul angkat UKM kuliner milik diaspora di 'Indonesian Day'

id Diaspora Indonesia,KJRI Istanbul

KJRI Istanbul angkat UKM kuliner milik diaspora di 'Indonesian Day'

Suasana bazar kuliner dalam ‘Indonesian Day’ yang digelar oleh KJRI Istanbul, Kamis (9/9/2021). (ANTARA/HO-KJRI Istanbul)

Jakarta (ANTARA) - Konsulat Jenderal RI di Istanbul menggelar kegiatan Indonesian Day dan menghadirkan berbagai produk usaha kecil dan menengah (UKM) warga Indonesia yang berdomisili di Istanbul, terutama produk-produk kuliner.

Menurut keterangan tertulis KJRI Istanbul yang diterima di Jakarta, Sabtu, acara Indonesian Day digelar pada Kamis (9/9) di Dikilitas, Besiktas dan mencakup berbagai kegiatan seperti bazar kuliner, penampilan kebudayaan, dan bincang-bincang terkait kekonsuleran serta Diaspora Talks.

Sekitar 500 pengunjung, yang terdiri dari warga setempat serta warga negara Indonesia yang hadir turut menyemarakkan acara tersebut dan menikmati berbagai suguhan kuliner asal Tanah Air buatan para diaspora.

Para warga Indonesia pemilik UKM kuliner di Istanbul juga turut mengisi acara ‘Diaspora Talks’, yang membahas kiat-kiat sukses merintis bisnis di Istanbul, bersama dengan para pengusaha ekspor impor.

Selain mengangkat kuliner khas Tanah Air dan menghadirkan para pelaku bisnis asal Indonesia, acara tersebut juga menampilkan pertunjukan kebudayaan Indonesia, termasuk Pencak Silat, Tari Cendrawasih dari Bali, serta Tari Betawi oleh Gita Seni dan Budaya Indonesia.

Sementara itu, kegiatan bincang kekonsuleran menghadirkan perluasan pelayanan kepada warga asing dan warga Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut, para peserta dapat berdialog langsung dengan dengan Pelaksana Fungsi Konsuler KJRI Istanbul terkait isu seputar pernikahan, izin tinggal, dan izin kerja.

Banyak di antara para pengunjung asing yang bertanya soal keimigrasian karena ingin segera dapat berkunjung untuk melakukan wisata dan urusan bisnis lainnya ke Indonesia.

 
Baca juga: Dorong ekspor ke Turki, Konjen di Istanbul resmikan toko Indonesia

Baca juga: UMKM Indonesia gencarkan promosi produk di Turki


 

Kafe trendi di Istanbul beralih ke tekstil demi bertahan di tengah pandemi

 


Pewarta : Aria Cindyara
Editor: Tia Mutiasari
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar