Mencicipi MPV premium Hyundai Staria sejauh 300 KM

id hyundai staria,hyundai,mpv staria,test drive

Mencicipi MPV premium Hyundai Staria sejauh 300 KM

Hyundai Staria (ANTARA/Ho)

Jakarta (ANTARA) - ANTARA berkesempatan mencicipi kendaraan MPV terbaru Hyundai Motor Indonesia (HMID) yakni Staria dari Jakarta menuju Bandung dan kembali ke Jakarta.

Di Indonesia, Hyundai Staria yang pertama diluncurkan pada bulan Agustus, hadir dalam dua pilihan; konfigurasi tujuh dan sembilan tempat duduk.

Pada kesempatan pertama, ANTARA mencicipi model Staria sembilan tempat duduk dan langsung merasakan tempat duduk pada barisan kedua.

Pada model ini, penumpang di dalam dapat merubah posisi duduk saling menghadap atau atau Swiveling Independent Seat dengan bangku baris ketiga sehingga dapat memberikan intensitas pada saat melakukan percakapan yang serius untuk membahas pekerjaan dengan kolega maupun melakukan perjalan bersama keluarga.

Baca juga: Test drive Nissan Kicks di tiga jenis jalan berbeda
 
Model tempat duduk yang bisa diatur pada Hyunndai Staia Signature 9 (ANTARA/Chairul Rohman)


ANTARA juga mencoba untuk mengisi posisi pada bangku baris keempat atau bagian paling belakang dan hasilnya cukup baik. Penumpang di baris keempat masih merasa cukup ruang untuk menekuk lutut tanpa kesempitan.

Model captain seat yang dihadirkan juga memberikan kesan yang elegan pada sisi bangku baris kedua dan juga ketiga, sehingga penumpang di bagian itu, memiliki perasaan nyaman dan betah berlama-lama di dalam kendaraan pada saat melakukan perjalanan jauh.

Berbeda halnya pada varian Signtaure 7, Hyundai Staria ini menghadirkan Premium Relaxation Seats di baris kedua dengan mode relaksasi sekali sentuh yang memungkinkan kursi untuk direbahkan ke posisi nyaman secara otomatis, membagi berat penumpang, dan meningkatkan keseimbangan tubuh secara keseluruhan.

Selain itu, perjalanan jauh juga tidak terasa lagi menyiksa badan berkat kehadiran fitur penghangat dan pendingin kursi di baris kedua pada Signature 7 dapat disesuaikan dengan kebutuhan penumpang, dan masing-masing terdiri dari tiga level yang membuat pinggang tidak lagi merasa sakit ketika duduk berlama-lama.
Kenyamanan yang dihadirkan oleh Hyundai Staria Signature 7 (ANTARA/Chairul Rohman)

Kenyamanan lainnya yang dihadirkan oleh MPV premium dari pabrikan Korea Selatan ini adalah, hadirnya dua sunroof yang berada di depan dan belakang yang membuat penumpang dapat melihat indahnya pemandangan bintang pada malam hari atau juga pemandangan siang hari yang dapat membantu penerangan secara alami ketika dibutuhkan.

Pesaing dari Toyota Alphard ini menang berfokus pada mereka yang memungkinkan kendaraan premium yang nyaman. Bagi para pengusaha yang memiliki kegiatan padat dengan penggunaan gadget yang aktif, Hyundai Staria sudah menghadirkan tujuh port USB untuk Signature 9 dan lima port USB untuk Signature 7.

Baca juga: Komposisi pemesanan Hyundai Staria didominasi varian "7-seater"

Baca juga: Pesanan tembus puluhan, Staria tak kunjung dikirim

Baca juga: Hyundai ungkap alasan hanya hadirkan Staria diesel di Indonesia

 

Sensasi berkendara
Hyundai yang baru meluncurkan Staria ini pada akhir Agustus menghadirkan dua varian, yakni Signature 7 dan Signature 9, masing-masing dari kendaraan ini dibekali dengan mesin diesel R2.2 VGT dengan transmisi otomatis 8-percepatan.

Dalam hal ini, tipe powertrain yang disematkan memungkinkan Staria menghasilkan performa maksimal hingga 177 PS/3.800 rpm dan torsi maksimal 430 Nm/1.500-2.500 rpm.

Hal itu terbukti, perjalanan sejauh kurang lebih 300 km dari Jakarta, Bandung, Jakarta cukup baik dilibas oleh Staria dengan berbagai kontur jalan yang dihadapi selama perjalanan.

Baca juga: Suzuki: Permintaan "test drive" di rumah naik selama pandemi

Hyundai Staria hadir dengan tiga mode berkendara, Eco, Normal dan Sport. Pada kesempatan mengendarai kendaraan ini, Kami lebih banyak menggunakan mode Sport pada saat memasuki jalan TOL tentu tidak melebih kecepatan yang sudah diatur pada saat berkendara di jalan TOL.

Sensasi berkendara dengan menggunakan mode Sport, pada mobil yang memiliki dimensi 5.253 mm, lebar 1.997 mm, tinggi 1.990 dan wheelbase 3.273 mm cukup baik dan suspensi yang rigid, sehingga berkendara semakin menyenangkan meski jarak jauh sekalipun.

Kendati demikian, pengendara agak merasa kesulitan jika ingin memindahkan mode satu ke mode berkendara lainnya. Pengendara diharuskan memalingkan pandangan beberapa detik untuk bisa memindahkan mode, karena pengaturan mode berkendara berada pada bawah head unit tidak pada ruang kendali.

Hyundai Staria juga memberikan banyak teknologi canggih yang dihadirkan untuk sang pengemudi dan sekaligus memberikan kemudahan saat berkendara, misalnya fitur Lane Following Assist (LFA) yang membantu pengemudi secara otomatis menjaga mobil tetap melaju di tengah jalur marka jalan.

Selain itu, pengemudi juga akan dimudahkan berkat adanya fitur Lane Keeping Assist (LKA) yang akan memberikan peringatan visual, audio, dan kendali otomatis apabila mobil mulai keluar dari jalur marka.

Untuk semakin melengkapi pengendara merasa aman dan nyaman, Hyundai juga menghadirkan fitur Forward Collision-Avoidance Assist (FCA), yaitu sistem yang secara otomatis memperingatkan potensi risiko tabrakan dari depan, dan jika diperlukan, akan secara otomatis melakukan pengereman jika keadaan darurat.

Yang menariknya lagi, kendaraan yang menyandang kelas premium ini menghadirkan fitur Blind-spot View Monitor (BVM) untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan pada saat ingin berbelok karena adanya blind spot. Cukup menyalakan lampu sein pada saat akan berbelok fitur keselamatan ini akan menampilkan video di dalam cluster.

Baca juga: "GroominX Concierge", test drive dan cukur rambut bareng BMW
 
Fitur Blind Spot View yang ada di Hyundai Staria (ANTARA/Chairul Rohman)

Selain itu, fitur keselamatan lainnya juga semakin lengkap berkat hadirnya Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA) dan Blind-Spot Collision-Avoidance Warning (BCW).

Fitur-fitur itu dapat mendeteksi dan memantau kendaraan yang datang dari belakang dan membantu menghindari tabrakan dengan memberikan peringatan dan mengaktifkan rem secara otomatis jika diperlukan.

Tidak puas hanya sampai di situ, Hyundai juga membanjiri MPV premium ini dengan berbagai fitur keamanan lainnya yang membantu untuk menghindari terjadinya kecelakaan seperti, Safe Exit Assist (SEA) dan Safe Exit Warning (SEW) fitur yang membantu menghindari tabrakan atau kecelakaan jika penumpang di baris kedua turun dari mobil jika kendaraan datang dari belakang.

Selanjutnya ada juga Rear Cross-Traffic Collision-Avoidance Assist (RCCA), dan Rear Cross-Traffic Collision Warning (RCCW), fitur yang mendeteksi kendaraan yang mendekat dari belakang kanan atau kiri.

Selain itu, Hyundai Staria juga dilengkapi dengan Surround View Monitor (SVM), yang memberikan pandangan 360 derajat ke seluruh kendaraan, sehingga memudahkan pengemudi untuk memarkir kendaraan, terutama di area yang relatif sempit.

Baca juga: Hyundai Staria hadir di Indonesia, bagaimana nasib H-1?

Baca juga: Hyundai Staria resmi meluncur di Indonesia

Baca juga: Hyundai akan jual Staria di Thailand, kapan masuk ke Indonesia?


Desain
Hyundai Staria mengambil konsep futuristik yang terinspirasi dari dari pesawat luar angkasa, sehingga mobil ini sangat berbeda dengan mobil-mobil yang ada pada umumnya saat ini.

"Kami memang terinspirasi dari apa yang dimiliki oleh pesawat luar angkasa," ujar Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia, Makmur pada saat media Test Drive beberapa waktu yang lalu di Jakarta.

Hyundai Staria hadir dengan pilihan warna eksterior Creamy White, Abyss Black Pearl, Graphite Grey Metallic, dan Shimmering Silver Metallic.
Hyundai Staria (ANTARA/Chairul Rohman)

Sedangkan untuk warna interior, tersedia dalam pilihan Black one-tone Embroidered leather dan Brown two-tone Embroidered leather. Harga on-the-road untuk setiap varian Staria

Hyundai Staria Signature 7 dibanderol senilai Rp1,020 miliar (OTR Jakarta dan kepemilikan kendaraan pertama) sedangkan Hyundai Staria Signature 9 Rp888 juta (OTR Jakarta dan kepemilikan kendaraan pertama).

Secara keseluruhan, MPV premium yang dihadirkan oleh Hyundai sudah memenuhi keinginan para calon konsumen mulai dari sensasi berkendara hingga rasa yang nyaman saat berada di bangku penumpang.

Baca juga: Hyundai perkenalkan minivan terbaru bernama Staria

Baca juga: Hyundai siap hadirkan Staria dengan desain futuristik

Pewarta : Chairul Rohman
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar