Bisa lebih dari itu tapi potensi tingginya ada di 10 nomor ini atau 10 medali emas
Cikarang, Bekasi (ANTARA) - Perenang asal Kabupaten Bekasi Aflah Fadlan Prawira (23) ditargetkan mampu menyumbangkan sedikitnya 10 medali emas untuk kontingen Provinsi Jawa Barat pada PON XX Papua 2-15 Oktober 2021 mendatang.

"Bisa lebih dari itu tapi potensi tingginya ada di 10 nomor ini atau 10 medali emas," kata Ketua PRSI Kabupaten Bekasi Wanto di Cikarang, Rabu.

Dia mengatakan potensi emas Fadlan ada di nomor spesialisasinya yakni gaya bebas perorangan putra 200 meter, 400, 800, dan 1.500 meter. Kemudian gaya ganti 200 dan 400 meter serta di nomor 'Open Water Swimming' atau renang perairan terbuka 5.000 meter.

Baca juga: Fadlan kuat di renang jarak jauh dan open water

"Tiga emas lain diproyeksi dari nomor estafet putra, Fadlan bersama Ahmad Erik Fatoni, Reza Bayu, dan Aji," katanya.

Wanto optimistis target tersebut mampu dicapai Fadlan mengingat catatan waktu yang berhasil diraihnya masih berada di atas perenang-perenang unggulan lainnya di PON Papua mendatang.

"Masih Fadlan best time-nya. Tiga menit 53 detik di 400 meter dan 15 menit 45 detik untuk 1.500 meter. Tinggal kesiapan fisik dan mental saja, fokus di pelatnas Hotel Arya Duta Jakarta sebelum berangkat ke Papua 29 September nanti," katanya.

Pengalaman perenang yang tinggal di Kampung Teluk Garut Kecamatan Cabangbungin, Kabupaten Bekasi itu di Sea Games Filipina dengan dua perak dan satu perunggu hingga Olimpiade Tokyo kemarin juga menjadi bekal tambahan pada ajang empat tahunan terbesar di Indonesia ini.

Baca juga: Fadlan dan Azzahra terhenti di babak penyisihan Olimpiade Tokyo
Baca juga: Aflah Fadlan tak ingin Tokyo jadi Olimpiade pertama dan terakhir

Selain Fadlan, kata dia, atlet renang Kabupaten Bekasi lain juga diproyeksi mampu mendulang emas PON Papua untuk kontingen Jawa Barat di antaranya Reza Bayu di nomor 200 meter gaya kupu-kupu dan 10.000 meter renang perairan terbuka.

Muhammad Fahri di nomor 50 meter gaya dada, Dwiki Raharjo 200 meter gaya, Prada nomor 5.000 meter renang perairan terbuka, serta Virgin di nomor 3.000 meter renang perairan terbuka.

Lima dari delapan atlet renang indah Jawa Barat masing-masing Yuliana Megiwong, Maria Lipona, Petra Sapta Rian Puspa Melati, Dinda Cahya Rembulan, dan Maharani Sekar juga berasal dari Kabupaten Bekasi. Mereka ditargetkan meraih tiga medali emas dari nomor solo, duet, dan beregu.

"Loncat indah dari tiga atlet Jabar, dua dari kita, Sari Ambarwati dan Sandi, potensi tiga emas. Dengan kontribusi atlet-atlet kita, saya yakin Jawa Barat bisa menjadi juara umum cabang olahraga renang PON," kata dia.

Diketahui cabang olahraga renang PON XX Papua memperebutkan 40 medali emas dari 40 nomor yang dipertandingkan, enam medali emas nomor renang perairan terbuka, tiga emas renang indah, dan 12 emas nomor loncat indah.

Baca juga: Ridwan Kamil kukuhkan kontingen Jabar untuk PON Papua
Baca juga: Ridwan Kamil targetkan Jabar raih 164 emas dari PON Papua
 

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2021