London (ANTARA) - Anggota parlemen Inggris pada Kamis meminta Bank of England (BoE) membantu mengatasi perubahan iklim dengan meningkatkan investasi dalam keuangan hijau dan menghukum bank yang membiayai industri bahan bakar fosil.

Intervensi oleh kelompok lintas partai yang terdiri dari 51 anggota parlemen dilakukan menjelang pembicaraan iklim global COP26 yang akan diadakan di Glasgow, Skotlandia, pada November dan mengikuti perluasan wewenang BoE baru-baru ini untuk memastikannya membantu memenuhi tujuan iklim pemerintah Inggris.

Dalam sebuah surat kepada Gubernur BoE Andrew Bailey yang dilihat oleh Reuters, kelompok itu mengatakan dia perlu berbuat lebih banyak, karena sektor keuangan yang diaturnya meremehkan risiko terkait iklim, dan tidak cukup uang yang dihabiskan untuk keuangan hijau.

"Kami mendukung Bank itu dalam mengoperasionalkan iklim dan lingkungan barunya dengan cara yang sepadan dengan skala dan urgensi tantangan yang kami hadapi," kata surat itu.

"Dengan keputusan kebijakan yang tepat, bank itu dapat memainkan peran penting dalam memobilisasi dan mengarahkan keuangan swasta untuk membantu mewujudkan tujuan pemerintah, mendorong penciptaan lapangan kerja dan mendorong investasi penting dalam infrastruktur hijau."

Secara khusus, grup tersebut mengatakan BoE dapat meningkatkan pinjaman hijau dengan memberikan kredit yang lebih murah kepada bank-bank dengan syarat mereka meminjamkan lebih banyak untuk proyek-proyek berkelanjutan, termasuk yang dijalankan oleh usaha kecil dan menengah.

BoE juga harus memperkenalkan langkah-langkah untuk memastikan risiko yang lebih tinggi dari pinjaman ke sektor bahan bakar fosil tercermin dalam peraturan, dan mendorong sistem keuangan secara global untuk diselaraskan dengan tujuan iklim.

Deputi Gubernur BoE Sam Woods mengatakan pada Juli belum ada bukti yang memaksa bank untuk menahan lebih banyak modal untuk menutupi risiko dari perubahan iklim.

Bank-bank telah menghadapi protes atas pembiayaan mereka terhadap industri yang berpolusi seperti pertambangan, tetapi Woods mengatakan akan "terlalu jauh" bagi BoE untuk menghukum aliran keuangan ke industri berat karbon.

BoE sedang melakukan uji stres pertama terkait iklim terhadap perusahaan-perusahaan utama yang diaturnya, tetapi mengatakan hasilnya tidak akan berdampak langsung pada persyaratan modal, tidak seperti uji stres rutinnya.

Sumber: Reuters
Baca juga: Inggris diminta hentikan bantuan buat proyek bahan bakar fosil
​​​​​​​Baca juga: Inggris rilis Revolusi Industri Hijau, ajak Indonesia bergabung
Baca juga: Bahan bakar fosil diyakini sebabkan kematian 1 dari 5 bayi prematur

 

Penerjemah: Mulyo Sunyoto
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2021