Presiden Jokowi harap vaksinasi di pondok pesantren segera tuntas

id presiden jokowi,vaksinasi,covid-19,pondok pesantren,aceh,aa

Presiden Jokowi harap vaksinasi di pondok pesantren segera tuntas

Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kerja di Provinsi Aceh dengan melakukan peninjauan vaksinasi di Pondok Pesantren/Dayah Istiqamatuddin Darul Mu’Arrif, Kabupaten Aceh Besar, Aceh, Kamis (16/9/2021). ANTARA/HO-Biro Pers Setpres/Laily Rachev/aa.

Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo berharap vaksinasi COVID-19 terhadap para santri di pondok-pondok pesantren segera dituntaskan.

"Saya sangat menghargai, mengapresiasi semua yang mendukung semua pondok pesantren yang mendukung santri-santrinya untuk divaksin karena kita ingin para santri semuanya tidak terpapar oleh COVID-19, maka semua divaksinasi," kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Pondok Pesantren/Dayah Istiqamatuddin Darul Mu’Arrif, Kabupaten Aceh Besar, pada Kamis.

Presiden menyampaikan hal tersebut saat melakukan kunjungan kerja di Provinsi Aceh.

Presiden Jokowi juga sempat melakukan dialog bersama para santri melalui konferensi video.

Dalam dialog tersebut, Kepala Negara berharap dengan adanya vaksinasi, para santri lebih terlindungi dan secepatnya dapat bertemu dengan para guru dan teman untuk melakukan pembelajaran tatap muka (PTM).

Baca juga: Di Aceh Besar, Presiden Jokowi disambut salawat badar

"Pak Kiai saya senang sekali alhamdulillah ini para santri kelihatan sekali bersemangat dan sangat sehat-sehat semuanya, sehingga kita harapkan dengan proses vaksinasi ini para santri menjadi lebih sehat lagi dan terproteksi dari Covid-19," tambah Presiden.

Dialog itu dilakukan bersama enam pondok pesantren yang juga melakukan vaksinasi COVID-19.

Pondok-pondok pesantren tersebut adalah Pondok Pesantren Modern Al-Kautsar, Kota Pekanbaru, Pondok Pesantren Al-Fathamiyah, Kabupaten Karawang, Pondok Pesantren Darussalam, Kabupaten Banyumas, Pondok Modern Al-Rifa’ie 2, Kabupaten Malang, Pondok Pesantren Asy-Syuhada Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut, dan Pondok Pesantren DDI Mattoanging, Kabupaten Bantaeng.

Salah satu perwakilan santri dari Pondok Pesantren Al Rifa’ie 2, Malang bernama Mustika mengucapkan terima kasih kepada Presiden karena dengan adanya vaksinasi ia dapat berkumpul dengan teman-temannya.

Mustika yang berasal dari Ambon juga mengungkapkan kerinduannya untuk pulang ke tanah Ambon.

"Insyaallah kalau ada liburan nanti, 'beta pengen' pulang ke Ambon. 'Beta su kangen baku dapa' Mama, Bapa dan ba saudara semua yang ada disana. Satu kata untuk Bapak Jokowi, 'tabea' Bapak," ujar Mustika.

Presiden Jokowi juga berharap selain para santri sehat, para kyai juga terjaga kesehatannya.

"Semoga dengan adanya vaksinasi massal, santri semuanya terproteksi, terlindungi dari paparan COVID-19 dan santri-santri kita sehat bisa tetap kuat dengan para guru santri, para kiai sehingga proses belajar mengajar bisa berjalan normal kembali," ungkap Presiden.

Sebelum mengakhiri kegiatan di Ponpes, Presiden Jokowi menyempatkan diri untuk mendengarkan pembacaan puisi yang dipersembahkan oleh santriwati yang bernama Ulfa Ilma yang berjudul "38 detik puisi untuk Presiden".

Presiden Jokowi pun mengapresiasi santriwati tersebut dengan memberikan hadiah berupa sepeda.

"Terima kasih tadi atas puisinya dan untuk itu nanti saya kirimi sepeda," ucap Presiden.

Turut mendampingi Presiden dalam peninjauan vaksinasi bagi santri yaitu Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kepala BIN Budi Gunawan, dan Gubernur Aceh Nova Iriansyah.

Baca juga: Presiden ingatkan harus belajar berdampingan hidup dengan COVID-19
Baca juga: Presiden: Vaksinasi pondok pesantren bagian melindungi santri

#ingatpesanibu
#sudahdivaksintetap3M
#vaksinmelindungikitasemua

Pewarta : Desca Lidya Natalia
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar