Jakarta (ANTARA) - Stok vaksin dari beberapa jenis  di Dinas Kesehatan DKI Jakarta masih mencukupi untuk melakukan vaksinasi bagi warga di Jakarta

"Stok vaksin di Jakarta jumlahnya cukup.  Kami mengimbau masyarakat untuk ikut vaksinasi karena apapun jenis vaksin yang diberikan dari pemerintah pusat ke Jakarta itu akan kami teruskan ke masyarakat," kata Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Widyastuti di Jakarta, Senin.

Widyastuti menyebutkan, semua jenis vaksin yang ada sudah melalui standar kajian yang terekomendasi oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Kementerian Kesehatan, sehingga  apapun jenis vaksin yang diberikan pada masyarakat, agar diterima karena akan disesuaikan dengan kondisi masyarakat penerima itu sendiri.

"Jadi bukan berdasar kemauan masyarakat ya, karena semua vaksin hampir dapat dipastikan bermanfaat," tuturnya.

Baca juga: DKI kuatkan sosialisasi pada 2,3 juta warga belum divaksin

Terkait dengan target vaksinasi di Jakarta yang saat ini adalah 14 juta dosis vaksin, Widyastuti menyebutkan, DKI Jakarta dalam penanganan pandemi COVID-19, termasuk vaksinasi, dilakukan dengan data yang mencakup daerah aglomerasi Jabodetabek.

"Karenanya kita membuka diri terhadap layanan apabila masih ada warga luar Jakarta yang memang sedang ada di Jakarta, karena ini juga termasuk menjadi yang tak terpisahkan dari sinergi kita," tuturnya.

Untuk Vaksinasi Program di DKI Jakarta, total dosis pertama saat ini sebanyak 10.232.364 orang, dengan proporsi 64 persen  warga ber-KTP DKI dan 36 persen warga KTP luar DKI.

Sedangkan, total dosis kedua mencapai 7.407.335 orang dengan proporsi 65 persenwarga ber-KTP DKI dan 35 persen warga KTP luar DKI.

Baca juga: Dinkes DKI harap pandemi jadi endemi seiring membaiknya kondisi
Baca juga: Kadinkes DKI sebut tidak ada laporan vaksin kosong di kelurahan

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Riza Harahap
Copyright © ANTARA 2021