Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Kinerja pelatih tim berjuluk Singo Edan, Eduardo Almeida mulai disorot pihak manajemen Arema FC, karena belum mampu mencatatkan hasil yang memuaskan pada gelaran kompetisi BRI Liga 1 2021.

Media Ofiser Arema FC Sudarmaji, di Kota Malang, Jawa Timur, Selasa mengatakan bahwa dengan kekalahan pada pertandingan terakhir melawan PSS Sleman, jajaran direksi menginginkan adanya evaluasi total dalam tim Singo Edan.

"Dengan hasil laga terakhir, jajaran direksi langsung tegas memberi reaksi, mengingatkan kepada pelatih dan pemain untuk segera evaluasi total," kata Sudarmaji.

Sudarmaji menjelaskan, selain itu, pelatih dan pemain Arema FC diminta untuk bisa meningkatkan kualitas permainan, dan melakukan introspeksi diri. Jika hasil tidak sesuai target, manajemen akan mengambil langkah untuk menyelamatkan tim.

Baca juga: Pelatih Arema minta pemainnya tak disalahkan atas kekalahan dari PSS

Ia menambahkan, sejak mengantongi hasil imbang pada dua laga awal, pihak manajemen telah meminta adanya evaluasi, dan memberikan masukan agar mampu mendapatkan poin maksimal pada laga selanjutnya.

Namun, lanjutnya, Arema FC harus menelan kekalahan pada laga ketiga pada saat melawan PSS Sleman dengan skor 2-1. Manajemen Arema FC akhirnya mengambil sikap tegas kepada pelatih, dan tim, untuk melakukan evaluasi total.

"Jika kualitasnya menurun dan hasilnya tidak sesuai target, maka akan disiapkan langkah tegas untuk menyelamatkan tim," ujarnya.

Baca juga: Dejan "angkat topi" untuk pemain setelah PSS taklukkan Arema FC

Langkah tegas tersebut, nantinya akan menjadi bahan perbaikan ke depannya untuk skuad Arema FC agar mampu bermain baik dalam BRI Liga 1 2021. Bahkan, langkah tegas seperti pemecatan bisa diambil oleh manajemen Arema FC.

"Apa langkah tegasnya? Yang terburuk bisa saja berujung pada permohonan untuk mundur atau pemecatan. Tujuannya agar tim ini segera on the track serta meraih poin maksimal," katanya.

Grafik permainan Arema FC dalam tiga pekan pertama Liga 1 2021 memang menunjukkan tren yang tidak memuaskan. Pada laga pertama, Arema FC harus bermain imbang melawan PSM Makassar.

Baca juga: PSS raih kemenangan perdana setelah taklukkan Arema FC 2-1
Baca juga: Pulih dari cedera, Diego Michiels segera gabung skuad Arema


Hasil kurang memuaskan kembali terjadi pada laga kedua melawan Bhayangkara FC. Tim yang baru saja berulang tahun pada Agustus 2021 lalu, hanya mampu bermain imbang dengan skor 1-1.

Puncaknya, pada pekan ketiga, Arema FC harus bertekuk lutut dari PSS Sleman dengan skor 2-1. Dengan hasil tersebut, Arema FC kini bercokol pada urutan 14 klasemen sementara dalam BRI Liga 1 2021.

Pada laga selanjutnya, tim yang pada musim ini mendatangkan sejumlah pemain baru tersebut akan menghadapi pimpinan klasemen sementara, yakni PSIS Semarang. Jika kembali kalah, Arema FC berpeluang masuk ke zona degradasi.

Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2021