Software Accounting Indonesia untuk bisnis yang lebih profesional

id software accounting

Software Accounting Indonesia untuk bisnis yang lebih profesional

(ANTARA)

Jakarta (ANTARA) - Dunia bisnis saat ini di Indonesia berkembang sangat pesat dan persaingan semakin ketat, sehingga untuk pengelolaan aset perusahaan dan keuangan kita tidak bisa mengandalkan sistem manual, selain padat karya, tetapi rawan kesalahan dan memakan waktu lebih lama.

Namun dengan Software Accounting maka semua kendala tersebut bisa cepat teratasi. Karena produk software accounting Indonesia atau software accounting yang banyak digunakan perusahaan di Indonesia dirancang tidak kalah dengan software buatan luar negeri, kinerjanya juga tidak kalah inovatif. Lebih jelasnya tentang Software Accounting Indonesia akan kita bahas berikut ini.

Apa yang dimaksud Software Accounting Indonesia ?

Software Accounting Indonesia adalah program aplikasi yang dirancang khusus untuk mengelola pencatatan transaksi bisnis dan keuangan. Program aplikasi ini memang sudah digunakan oleh akunting perusahaan-perusahaan di Indonesia agar data tentang transaksi dapat lebih mudah dikelola.

Pada dasarnya tugas software accounting adalah sistem pencatatan transaksi keuangan pada komputer yang dapat disesuaikan dengan setiap jenis usaha atau bisnis dan akan mempercepat penyediaan berbagai jenis laporan keuangan yang dibutuhkan oleh perusahaan, dan nantinya akan digunakan sebagai kontrol keuangan atau untuk pengambilan keputusan bisnis.

Intinya Software Accounting Indonesia adalah suatu sistem yang dapat mengelola setiap aktivitas transaksi bisnis yang berkaitan dengan akuntansi, mulai dari pengumpulan data, pemrosesan hingga laporan yang manfaatnya sangat membantu perusahaan atau bisnis untuk tumbuh lebih cepat.

Tujuan menggunakan Software Accounting Indonesia

Dilansir dari Jurnal.id pada laman situsnya https://www.jurnal.id/id/, penggunaan Software Accounting atau akuntansi akan menghasilkan proses akuntansi yang lebih efisien, cepat, instan, dan mudah diakses. Software Accounting bisa digunakan dengan biaya yang relatif lebih terjangkau sehingga lebih hemat dan menguntungkan..

Anda juga tidak membutuhkan seorang akuntan yang ahli, atau penggunaan rumus dalam penggunaannya. Proses pembukuan otomatis dapat lebih aman tanpa resiko kesalahan perhitungan manusia seperti yang terjadi pada proses akuntansi manual pada umumnya.

Tips memilih Software Accounting Indonesia

Software Accounting Indonesia yang terbaik harus memiliki sistem dengan keamanan bersertifikat, mudah digunakan, mudah diakses, memiliki fitur lengkap, sistem terintegrasi, memiliki dukungan pelanggan yang siap membantu dan memiliki paket dan harga yang sesuai dengan kebutuhan bisnis.

Para ahli telah mengkhususkan diri membuat Software Accounting Jurnal by Mekari yang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan para pengusaha maupun pemilik perusahaan untuk mengelola keuangan perusahaan atau akuntansi secara efisien dan mudah.

Ciri-ciri utama dari Software Accounting Indonesia adalah :

 1) Menurut Standar Indonesia.
 2) Menurut Standar Perusahaan.
 3) Memiliki Rekam Jejak yang Baik.
 4) Ramah Pengguna.
 5) Memiliki Fleksibilitas.
 6) Memiliki Fitur Perpajakan.
 7) Sesuai Anggaran Yang Tersedia.

Mengapa begitu banyak Software di bidang keuangan?

Karena user-friendly, pengoperasiannya pun terbilang mudah dan tidak terlalu rumit sama sekali, sebagian besar pengguna software ini adalah mereka yang bergerak di bidang perdagangan, jasa dan tak jarang juga dari sektor distribusi.

Untuk saat ini sebenarnya banyak sekali Software Accounting Indonesia yang beredar di pasar teknologi IT dengan berbagai macam dan jenis spesifikasi serta fitur andalan masing-masing yang ke semuanya memang memiliki kelebihannya masing-masing.

Berikut ini adalah beberapa fungsi dalam aplikasi/software akuntansi yang sering digunakan dalam setiap proses operasional perusahaan agar dapat mengelola keuangan masing-masing dengan lebih baik:

1. Fitur Pembelian (Purchase).

Merupakan fitur untuk melakukan pembelian produk persediaan (untuk jenis usaha dagang), untuk pembelian bahan baku (untuk jenis usaha produksi/manufaktur) yang akan digunakan dalam kegiatan proses produksi usaha dan pembelian sebagai bahan penunjang jenis kegiatan usaha jasa.

Proses pembelian sendiri berbeda untuk setiap jenis usaha, ada yang membutuhkan fitur purchase order yang akan dijadikan acuan pembelian perusahaan, namun ada juga pembelian langsung tanpa menggunakan purchase order, semua tergantung kebutuhan masing-masing perusahaan. Semua software accounting harus menyediakan fitur ini untuk meminta laporan pembelian atau dapat juga digunakan untuk menentukan harga perolehan.

2. Fitur inventaris.

Persediaan sebagai salah satu aset yang dimiliki oleh perusahaan, baik berupa barang dagangan (usaha dagang), barang jadi maupun barang yang masih dalam proses produksi untuk jenis usaha manufaktur ini. Ada tiga jenis kelompok persediaan, yaitu: persediaan bahan baku, persediaan barang dalam proses, dan juga persediaan barang jadi yang memiliki nilai jual kembali.

Pada umumnya kebanyakan software accounting telah menyediakan fitur gudang dan juga pada fitur inventory itu sendiri juga terdapat sub menu inventory sehingga dapat diinput dan dimonitoring untuk mendapatkan informasi stok yang lebih akurat.

3. Fitur Penjualan (Sales).

Fitur sales tidak hanya menampilkan informasi tentang transaksi penjualan produk, akan tetapi juga menampilkan detail diskon dan pajak (PPN). Fungsi fitur penjualan ini merupakan salah satu fungsi terpenting dalam hal proses keuangan karena berhubungan langsung dengan transaksi dan juga pendapatan bagi perusahaan.

4. Fitur Stock Taking Inventory.

Fungsi stock opname juga salah satu yang paling penting, karena khusus untuk menghitung dan membandingkan persediaan/persediaan antara produk record dan produk fisik. Tujuan utama dilakukannya proses stock opname ini adalah untuk mengetahui kebenaran pencatatan persediaan dalam pembukuan. Sehingga akan segera diketahui apakah pencatatan dalam pembukuan stock opname benar-benar sesuai atau tidak. Tidak hanya itu fitur ini sering digunakan sebagai sistem pengendalian internal untuk mendapatkan HPP dan membandingkan stok setiap tahun.

5. Fitur Laporan Keuangan (Financial Balance).

Merupakan salah satu bagian dari laporan keuangan yang dapat dihasilkan oleh program akuntansi pada periode tertentu yang menunjukkan bagaimana posisi keuangan perusahaan sebenarnya pada periode tersebut. Laporan ini akan digunakan sebagai dasar utama pengambilan keputusan bisnis oleh manajemen, neraca sebenarnya terdiri dari aset, kewajiban, dan ekuitas. Fungsi utama neraca ini adalah untuk memberikan informasi tentang laporan keuangan perusahaan secara lebih rinci dengan menampilkan nilai berimbang antara debit dan kredit perusahaan.

Software Accounting yang Simpel dan Akurat

Software Accounting Indonesia dari Jurnal adalah sistem perangkat lunak yang dibuat dan dirancang untuk memproses proses perhitungan terkait akuntansi, mulai dari pengumpulan data transaksi, hingga pembuatan laporan keuangan secara otomatis, cepat dan akurat melalui perangkat seperti komputer, tablet, dan ponsel.

Setiap transaksi keuangan yang biasanya lumayan rumit dan panjang prosesnya, diharapkan dengan menggunakan software accounting Indonesia dari Jurnal dapat memudahkan hanya dengan biaya yang murah.

Fungsi utama Software Accounting Jurnal by Mekari

Dengan bantuan Software Accounting Jurnal, proses manajemen dan akuntansi untuk bisnis dapat diselesaikan dengan mudah dan otomatis tanpa ribet, bisa digunakan kapanpun dan dimanapun.

Kelebihan menggunakan Software Accounting mampu mengolah data keuangan dalam waktu yang cepat sehingga perusahaan dapat menghemat waktu dan melakukan efisiensi biaya yang mendukung perkembangan bisnis.

Software Accounting Indonesia berfitur lengkap dari Jurnal menyajikan data dengan perhitungan untung dan rugi yang akurat. Melalui sistem berbasis web yang mudah digunakan, Jurnal meminimalkan risiko kesalahan yang sering terjadi dalam pekerjaan akuntansi sehari-hari.

Software Accounting Indonesia dari Jurnal adalah Terbaik

 1) Setiap bisnis membutuhkan pendekatan teknologi yang berbeda, sehingga solusi yang dapat disesuaikan dengan tujuan perusahaan, struktur organisasi, dan kebutuhan bisnis yang berkembang.
 2) Jurnal menggabungkan pengalaman dan pemahaman yang sudah terbukti untuk memenuhi kebutuhan bisnis anda dengan memberikan solusi berkualitas.
 3) Dirancang untuk membantu operasi bisnis & pembukuan perusahaan secara real-time, menjadi lebih mudah & efisien.
 4) Cloud based (on line) sehingga memberikan solusi murah bagi umkm & perusahaan di indonesia serta menghindari investasi infrastruktur yang mahal.
 5) Terdapat berbagai fitur yang dapat memaksimalkan kinerja perusahaan anda secara terukur dan tepat waktu.

Mengapa Jurnal disebut Software Accounting Terbaik?

 1) Selama Beberapa Dekade Telah Diimplementasikan Pada Ribuan Pelanggan
 2) Memiliki fitur terlengkap dan mudah diaplikasikan
 3) Perangkat Lunak Terintegrasi Dari Operasi hingga Pembukuan
 4) Dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan perusahaan Anda
 5) Didukung oleh Konsultan Software yang Ahli, Berpengalaman dan Profesional
 6) Layanan Pemeliharaan yang Andal Dan Andal

Software Accounting Jurnal dengan Fasilitas Lengkap

 1) Keamanan Data Terjamin Dengan Mengontrol Otoritas Pengguna
 2) Monitoring Inventory Antar Cabang dan Antar Gudang (Multi Warehouse)
 3) Kemudahan Pembuatan Faktur Penjualan dan Pembelian
 4) Terhubung Dengan Sistem Pajak Pemerintah (E-Faktur)
 5) Kelola Utang Dan Piutang Secara Real Time
 6) Konsolidasi Data untuk Multi-Perusahaan, Multi-Cabang dan Multi-Departemen

Kelebihan lainnya software accounting ini mampu memastikan jumlah debet dan kredit tetap seimbang dengan sistem pada aplikasi akuntansi yang otomatis dan akurat, sehingga mengurangi resiko kesalahan dalam laporan.

 1. Kolaborasi dan persetujuan draft transaksi

Mengelola, memantau dan menyetujui setiap draft transaksi yang sedang berlangsung, baik pembelian maupun penjualan melalui aplikasi akuntansi online berbasis web dari Jurnal.

 2. Melacak dan memantau aset dengan mudah

Aplikasi komputer akuntansi dapat melacak aset bisnis dan mengelola penyusutan dan pelepasan aset tetap dalam bisnis Anda dengan cepat dan sangat mudah.

Software Accounting Jurnal Memudahkan Proses Pembukuan

Software Accounting Jurnal dapat memproses buku 2 kali lebih cepat dan tidak mengganggu Anda di akhir bulan. Tidak hanya pengeluaran dan pemasukan, laporan keuangan Jurnal dilengkapi dengan Neraca, Laporan Laba Rugi dan Laporan Arus Kas.

 1) CoA (Daftar Rekening)
 2) Buku Besar (Buku Besar)
 3) Neraca saldo
 4) Entri jurnal
 5) Lampiran transaksi digital

 1. Modul penjualan & pembelian

Software Accounting Jurnal mencatat semua aktivitas transaksi, baik penjualan maupun pembelian, dengan lebih efisien dan akurat. Melalui sistem otomatis, data Anda terstruktur secara akurat dan dengan kesalahan manusia yang minimal.

 1) Mengontrol, mereview dan memonitoring setiap draft transaksi jual beli
 2) Lacak transaksi pembayaran & pembelian melalui bilah pencarian
 3) Impor transaksi beli & jual
 4) Pencatatan transaksi penjualan & pembelian
 5) Persetujuan transaksi penjualan

Manajemen aset tetap

Pastikan aset dalam bisnis Anda dapat bertahan dalam nilai untuk waktu yang lama. Temukan kemudahan mengelola aset bisnis Anda melalui program Software Accounting otomatis yang mudah digunakan.

 1) Daftar aset tetap berdasarkan status aset
 2) Daftar aset baru
 3) Pilihan metode perhitungan penyusutan
 4) Depresiasi & jadwal pengembalian otomatis

Fitur utama dari aplikasi akuntansi Jurnal adalah sistem pembukuan, modul pencatatan penjualan dan pembelian dan manajemen aset. Ketiga fitur utama ini sangat membantu perusahaan untuk mengembangkan bisnisnya lebih cepat dan lebih modern.

Dengan mengetahui masing-masing fungsi inti dari fungsi utama sebuah Software Accounting, maka Anda akan lebih mudah dalam mengelola sistem keuangan serta memasukkan data dan mendapatkan informasi laporan yang jauh lebih akurat.

Semoga bisa bermanfaat dan terima kasih, selamat mencoba.


Pewarta : PR Wire
Editor: PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar