Panenan sangat membutuhkan kerja sama dengan TNI AL

id Panenan,TNI AL,Vaksinasi COVID-19

Panenan sangat membutuhkan kerja sama dengan TNI AL

Sekretaris Paguyuban Nelayan Ancol (Panenan) Purnama (kiri) menerima paket sembako dari Komandan Pushidrosal Laksamana Madya TNI Agung Prasetiawan (kanan) dalam kegiatan Serbuan Vaksinasi COVID-19 di perairan Teluk Jakarta, Jumat (24/9/2021). ANTARA/Putu Indah Savitri.

Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Paguyuban Nelayan Ancol (Panenan) Purnama mengatakan bahwa para nelayan sangat membutuhkan kerja sama dengan TNI Angkatan Laut untuk memperoleh berbagai informasi mengenai kesehatan dan program pemerintah.

"Kami sangat membutuhkan kerja sama yang dekat dengan TNI AL karena lingkungan kami di laut dan mereka sudah kami anggap sebagai bapak asuh kami," kata Purnama di perairan Teluk Jakarta, Jumat.

Ia mengungkapkan masyarakat maritim, khususnya para nelayan, sering kali tidak memperoleh informasi mengenai berbagai program pemerintah, terlebih mengenai kegiatan di sektor kesehatan seperti vaksinasi COVID-19.

Keseharian nelayan yang berada di laut dan kesulitan akses untuk menggunakan internet, kata Purnama, merupakan kendala bagi para nelayan yang ingin mendapatkan informasi mengenai program pemerintah.

"Akses kami ke televisi terbatas, membeli pulsa juga susah. Jadi, kami tidak pernah tahu program pemerintah," ucapnya.

Oleh karena itu, Purnama menyampaikan apresiasi kepada TNI AL, khususnya Pusat Hidro-Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal), yang telah bekerja sama dengan Panenan dalam mengadakan program Serbuan Vaksinasi COVID-19 di perairan Teluk Jakarta.

"Kami sangat berterima kasih atas kegiatan TNI AL yang sangat antusias menyelenggarakan vaksinasi buat kami, para nelayan Ancol," kata Purnama.

Bagi Purnama, kegiatan tersebut telah meningkatkan pengetahuan para nelayan mengenai program Vaksinasi COVID-19. Apalagi, melalui kegiatan ini, nelayan juga memperoleh vaksin COVID-19.

"Semoga vaksinasi kedua bisa dilaksanakan kembali," tutur Purnama.

Pushidrosal menggelar program Serbuan Vaksinasi COVID-19 di perairan Teluk Jakarta dan menyasar nelayan yang sedang berlayar, menangkap ikan, maupun yang sedang melaksanakan lintas pelayaran.

Pushidrosal menggunakan KRI Pollux-935 sebagai lokasi vaksinasi di tengah laut agar para nelayan tidak perlu merapat ke darat untuk memperoleh vaksin.

Adapun vaksin yang diberikan adalah Sinovac dosis pertama dan kedua.

Selain melaksanakan vaksinasi, TNI AL juga memberikan bantuan sebanyak 100 paket sembako kepada para nelayan yang telah memperoleh vaksin.

Baca juga: TNI AL gelar vaksinasi COVID-19 di tengah perairan Teluk Jakarta

Baca juga: TNI AL sasar sentra ekonomi untuk vaksinasi massal COVID-19

Pewarta : Putu Indah Savitri
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar