Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Keuangan akan melakukan sejumlah perombakan dalam jajaran eselon I dan II pada Jumat (21/1), kata Sekjen Kementerian Keuangan Mulia P Nasution.

"Dalam pelantikan besok (Jumat, 21/1) pagi ada yang promosi dari eselon II ke eselon I," ujarnya saat dikonfirmasi di Jakarta, Kamis.

Menurut dia, dalam pelantikan tersebut, Dirjen Pembendaharaan sekaligus pelaksana tugas Dirjen Perimbangan Keuangan Herry Purnomo akan dilantik menjadi Dirjen Anggaran yang baru.

Sedangkan pelaksana tugas Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Agus Suprijanto sebagai Dirjen perbendaharaan akan dilantik sebagai pengganti Herry Purnomo.

Sementara mantan Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia Bambang Brojonegoro akan menempati jabatan Kepala BKF dan Executive Director Asian Development Bank Manila Marwanto Harjowiryono akan mengisi jabatan Dirjen Perimbangan Keuangan.

Pejabat eselon II yang akan mendapat promosi antara lain Direktur Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Sonny Loho menjadi Inspektur Jenderal dan Kamil Soeib menjadi Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan.

Namun, Mulia belum memberikan konfirmasi mengenai kemungkinan Kepala Bapepam LK Fuad Rahmany akan menggantikan Dirjen Pajak Mochmamad Tjiptardjo.

"Untuk (posisi) Dirjen Pajak, Kepala Bapepam dan yang lain tunggu saja," ujarnya.

Kepala Bapepam LK Fuad Rahmany saat dikonfirmasi mengaku telah menerima undangan menghadiri pelantikan, namun ia belum mau berkomentar mengenai dirinya akan mengisi jabatan Dirjen Pajak.

"Saya belum dapat pemberitahuan atau Kepres terkait hal tersebut. Jadi saya belum bisa kasih komentar, kalau undangan sudah, tapi kan yang dilantik bukan pejabat eselon I saja, eselon II juga. Intinya saya belum tahu mau di mana," katanya.

Saat ini, dalam 12 jajaran pejabat eselon I Kementerian Keuangan ada dua jabatan yang masih dijabat oleh pelaksana tugas seperti Kepala BKF yang masih dijabat oleh Agus Suprijanto menggantikan Anggito Abimanyu dan Inspektur Jenderal yang dijabat Hadi Rudjito menggantikan Hekinus Manao.

Sedangkan dua jabatan rangkap yaitu Dirjen Anggaran yang saat ini dijabat Anny Ratnawati sekaligus menjabat Wakil Menteri Keuangan serta jabatan Dirjen Perimbangan Keuangan yang juga dijabat oleh Dirjen Pembendaharaan Herry Purnomo menggantikan Mardiasmo.

Sementara jabatan lainnya masih dipegang pejabat tetap yaitu Sekretaris Jenderal Mulia P Nasution, Dirjen Bea dan Cukai saat ini dijabat Thomas Sugijata, Dirjen Pajak Mochamad Tjiptardjo, Dirjen Kekayaan Negara Hadiyanto, Kepala Bapepam LK Fuad Rahmany dan Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan Permana Agung.(*)
(T.S034/A035/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011