Jambi (ANTARA) - Komadan Korem 042/Garuda Putih, Brigadir Jenderal TNI M Zulkifli, mengatakan, keperluan sistem kesenjataan TNI di sana tergantung pada perkembangan organisasi militer di Provinsi Jambi.

Ia menyatakan itu usai upacara peringatan HUT ke-76 TNI secara virtual dari lapangan Markas Korem 042/Garuda Putih, di Jambi, Provinsi Jambi, Selasa.
"Untuk saat ini alutsista kita cukup namun yang utama adalah pengembangan organisasi seperti pembentukan Kodim baru," kata dia.

Baca juga: Satgas Pamtas RI-Timor Leste minta warga menyerahkan senjata api

Ia bersama Forkopimda Jambi mengikuti upacara peringatan hari ulang tahun ke-76 TNI secara virtual dengan menerapkan protokol kesehatan ketat karena masih ada wabah Covid-19.

Di tingkat Provinsi Jambi, hadir pada upacara itu Gubernur Jambi, Al Haris, Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto, Kepala Polda Jambi, Inspektur Jenderal Polisi A Rachmad Wibowo, wakil ketua Kejaksaan Tinggi Jambi serta Forkompinda lain.

Baca juga: Danrem sebut KKB pimpinan Lamek Taplo bawa 10 pucuk senjata api TNI

Di tingkat pusat, upacara dilaksanakan di Istana Negara, Jakarta, dengan peserta terbatas dan disiarkan secara virtual. Presiden Joko Widodo bertindak sebagai inspektur upacara.

Dalam sambutannya Jokowi juga menyinggung pentingnya sikap profesionalitas prajurit. Selain itu, pemanfaatan informasi teknologi dalam penugasan yang diberikan negara pun dirasa mutlak.

Baca juga: Wapres: Alat utama sistem senjata TNI harus modern

“TNI yang selalu memberikan profesionalisme dalam setiap penugasan, kemampuan perorangan, kemampuan satuan, kemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi, termasuk alutsista telah digunakan dan dikerahkan dalam menunaikan setiap tugas yang diberikan dalam menghadapi ancaman yang lebih luas.” kata dia.

Upara peringatan HUT ke-76 TNI di Istana Merdeka diawali mengheningkan cipta dan pembacaan Sapta Marga.

Baca juga: Kasau: Korpaskhas harus mampu hadapi ancaman persenjataan Nubika

Kemudian di penghujung acara dimeriahkan dengan atraksi helikopter ketiga matra TNI yang membawa bendera Merah Putih dan atraksi formasi pesawat tempur, dilanjutkan telewicara Jokowi secara langsung dengan prajurit TNI yang bertugas di Lebanon dan prajurit di beberapa daerah.

Pewarta: Nanang Mairiadi
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2021