Jakarta (ANTARA) - EVYD Knowledge Hub by EVYD Technology meluncurkan Konferensi Tingkat Menteri Khusus untuk Kesehatan Masyarakat Digital ASEAN dengan tema "Berkolaborasi untuk Dunia yang Lebih Bahagia dan Lebih Sehat Pasca Pandemi" pada 6-7 Oktober 2021.

Para menteri tersebut berbagi wawasan tentang pentingnya menavigasi antara menemukan keseimbangan dalam menjaga kesehatan warga dan ekonomi negara, serta membahas bagaimana kawasan ASEAN dapat mempersiapkan diri dengan lebih baik untuk pandemi di masa depan.

Diselenggarakan bekerja sama dengan Kementerian Keuangan dan Ekonomi di Brunei Darussalam, Kementerian Kesehatan di Brunei Darussalam, Badan Investasi Brunei dan Yayasan Temasek, konferensi itu menyoroti urgensi bagi para pemimpin ASEAN untuk berkolaborasi dan menyusun strategi solusi yang layak dan berkelanjutan untuk membangun sistem perawatan kesehatan yang tangguh yang mampu menghadapi tantangan ke depan.

COVID-19 dan wabah varian Delta telah mengekspos kerentanan dalam sistem perawatan kesehatan global, memperkuat kebutuhan akan kolaborasi regional dalam menavigasi pandemi skala ini.

Baca juga: Presiden Jokowi dorong mekanisme ketahanan kesehatan dalam KTT APT

Menurut Institute of International Finance (IIF), karantina wilayah dan merebaknya varian Delta COVID-19 telah memberikan dampak negatif pada pemulihan ekonomi Asean-5 yang terdiri dari Malaysia, Indonesia, Thailand, Vietnam, dan Filipina.

Menyadari urgensi untuk memperkuat infrastruktur layanan kesehatan publik, EVYD Knowledge Hub memimpin konferensi ini bersama para mitranya untuk menciptakan kesadaran tentang pentingnya kolaborasi, pembelajaran silang, penelitian dan digitalisasi dalam memberdayakan pembuatan kebijakan ilmiah untuk meningkatkan kesehatan masyarakat.

"Kami menyaksikan secara langsung kerugian yang ditimbulkan pada sistem perawatan kesehatan dan penyedia layanan kesehatan saat mereka bekerja tanpa henti di garis depan untuk melayani rakyat," kata Chua Ming Jie, Chief Executive Officer EVYD Technology pada Rabu.

"Oleh karena itu, kami merasa terhormat memiliki kesempatan untuk menyelenggarakan konferensi ini bersama dengan Kementerian Brunei Darussalam dan Yayasan Temasek, dengan tujuan menyatukan para pemimpin ASEAN untuk mempelopori percakapan tentang pentingnya berbagi pengetahuan dan peran data dan teknologi dalam meningkatkan pembuatan kebijakan layanan kesehatan publik," kata Chua Ming Jie.

Konferensi yang digelar selama dua hari ini diikuti oleh lebih dari 50 pembicara. Acara ini dibuka dengan sambutan yang disampaikan oleh Dato Lim Jock Hoi, Sekretaris Jenderal ASEAN dan Dato Seri Setia Dr Amin Liew Abdullah, Menteri di Kantor Perdana Menteri dan Menteri Keuangan dan Ekonomi II, Brunei Darussalam serta Dato Seri Setia Dr. Haji Mohammad Isham bin Haji Jaafar, Menteri Kesehatan, Brunei Darussalam.

Terdiri dari empat panel, dua sesi pertama berfokus pada diskusi seputar pelajaran yang didapat dari COVID-19, peran penelitian dan digitalisasi dalam membentuk kebijakan kesehatan masyarakat, serta pemulihan dan kesiapan di masa depan.

Diskusi panel pertama, "Ministerial Panel: Lessons Learnt From Managing The COVID-19 Pandemic In ASEAN" dihadiri oleh para menteri termasuk Dato Dr Isham Jaafar, Menteri Kesehatan, Brunei Darussalam, Budi G. Sadikin, Menteri Kesehatan Indonesia, Dr Bounfeng Phoummalaysith, Menteri Kesehatan, Laos dan Dr Or Vandine, Juru Bicara Kementerian Kesehatan Kamboja dan dimoderatori oleh Dr Jeremy Lim, Director of the Leadership Institute for Global Health Transformation, Saw Swee Hock School of Public Health, National University of Singapore.

Para pemimpin tersebut berbagi wawasan tentang pentingnya menavigasi antara menemukan keseimbangan dalam menjaga kesehatan warga dan ekonomi negara, serta membahas bagaimana kawasan ASEAN dapat mempersiapkan diri dengan lebih baik untuk pandemi di masa depan.

Dimulai dengan tema "Beginning with The Science Behind Pandemics: Why Are We Now More At Risk?", sesi ini menghadirkan pembicara Professor Wang Linfa, Professor and Director, Emerging infectious Diseases Program, Duke-NUS Medical School untuk menelusuri asal-usul COVID-19 dan SARS- Virus CoV-2 dari penyakit zoonosis.

Sesi kedua beralih ke diskusi yang berfokus pada solusi tentang pentingnya digitalisasi, penelitian kesehatan masyarakat dan ekonomi yang kuat untuk mempersiapkan kawasan pandemi dan keadaan darurat di masa depan.

Selain itu, ada juga diskusi tentang bagaimana kawasan ASEAN mempersiapkan penyakit tertentu, transformasi kesehatan digital Brunei Darussalam, Peran Penelitian dalam Kesehatan Masyarakat dan Membangun Ekonomi yang Tangguh Pasca Pandemi.

Hari pertama konferensi diakhiri dengan sesi dari Profesor George F. Gao, Director General, Chinese Center for Disease Control and Prevention, on The Chinese CDC Experience.

"Meskipun pandemi telah mempengaruhi banyak negara ASEAN, itu juga menunjukkan semangat kami untuk ketahanan saat kita berdiri bersama dalam solidaritas. Ke depan, sangat penting bagi kita untuk terus bersatu dan berkolaborasi untuk memastikan keselamatan kesehatan masyarakat," ujar Dato Dr Isham Jaafar, Menteri Kesehatan Brunei Darussalam.

"Secara internal, itu juga akan membutuhkan upaya kolektif dari semua sektor masyarakat kita termasuk perawatan kesehatan, keuangan, sosial dan politik untuk memastikan bahwa kita siap untuk mencegah pandemi yang muncul, atau varian baru dari virus COVID-19," lanjutnya.

Benedict Cheong, Chief Executive Temasek Foundation International mengatakan pandemi COVID-19 memberikan banyak pelajaran tentang apa yang harus dilakukan sebagai komunitas di ASEAN. Sangat penting bahwa komunitas regional berkumpul untuk berkolaborasi dan berbagi pengetahuan sehingga dapat merespons krisis kesehatan di masa depan dengan lebih baik.

"Kami senang menjadi tuan rumah konferensi ini bersama dengan Kementerian Kesehatan Brunei, Kementerian Keuangan dan Ekonomi, Badan Investasi Brunei dan Teknologi EVYD, dan berharap bahwa diskusi selama dua hari akan mengarah pada kemitraan baru dan platform untuk keterlibatan regional dan aksi kolektif," kata Benedict.

Baca juga: Indonesia sumbang alat kesehatan untuk Myanmar

Baca juga: Indonesia dorong kerja sama kesehatan antara ASEAN, negara mitra

Baca juga: China diharapkan dapat tingkatkan kerja sama kesehatan dengan ASEAN

Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021