Bagi Pertamina sendiri, event otomotif tentu sangat dekat dengan produk-produk yang dihasilkan oleh Pertamina. Jadi itu merupakan event yang bisa kita gunakan untuk mempromosikan produk-produk Pertamina di skala internasional
Jakarta (ANTARA) - PT Pertamina (Persero) mengungkapkan sektor pariwisata bisa dengan cepat memberikan kontribusi besar dalam pemulihan ekonomi.

"Pertamina sebagai BUMN tentu harus mendukung program pemerintah. Pemulihan ekonomi sangat diperlukan untuk kerjasama kita semua. Salah satunya adalah pariwisata yang kita yakini bisa dengan cepat memberikan kontribusi besar dalam pemulihan ekonomi," ujar Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati dalam konferensi pers daring di Jakarta, Kamis.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati sendiri bersama Direktur Utama PT Pengembangan Pariwisata Indonesia atau Indonesia Tourism Development Coporation (ITDC) Abdulbar M Mansoer melakukan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Sponsorhip Mandalika International Street Circuit di Kementerian BUMN, Jakarta pada Kamis (7/10).

"Bagi Pertamina sendiri, event otomotif tentu sangat dekat dengan produk-produk yang dihasilkan oleh Pertamina. Jadi itu merupakan event yang bisa kita gunakan untuk mempromosikan produk-produk Pertamina di skala internasional," kata Nicke.

Terkait dengan program digitalisasi Pertamina, lanjutnya, yakni platform MyPertamina juga bisa digunakan nantinya dalam event balapan tersebut untuk transaksi, ticketing, pembelian merchandise dan sebagainya.

"Ini adalah peluang bagi kita untuk menambah jumlah pelanggan baik di dalam maupun luar negeri," kata Dirut Pertamina tersebut.

Di samping itu Pertamina sebagai perusahaan energi memiliki agenda bagaimana Indonesia melakukan transisi energi, Pertamina bisa membangun energi terbarukan di KEK Mandalika sebagai salah satu sumber untuk energi yang tentunya akan menjadi showcase sangat bagus ketika event internasional terjadi.

Sebagaimana diketahui Provinsi Nusa Tenggara Barat atau NTB dikenal memiliki sumber daya matahari yang luar biasa.

Tidak hanya event, Pertamina juga harus menyiapkan masyarakat di Mandalika dan sekitarnya karena nanti diharapkan ada multiplier effect.

Pertamina menyiapkan sejumlah Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) dari sekarang. Pertamina sudah memberikan pembinaan, pelatihan, dan juga kemitraan agar masyarakat di sana siap begitu event-event internasional itu ada maka akan mulai ada perekonomian yang berkembang di sana dan masyarakat siap memberikan jasa, produk yang bisa kemudian dijual kepada para turis.

"Kita juga menyiapkan hal itu, karena turisme bukan hanya masalah infrastruktur, alam yang indah, namun masyarakatnya juga harus kita siapkan juga di sana," kata Dirut Pertamina Nicke Widyawati.

Baca juga: Wamen BUMN: World Superbike momen positif bagi pariwisata Indonesia
Baca juga: Wamen BUMN: Sirkuit Mandalika dorong keberlanjutan pariwisata Lombok
Baca juga: Gabriel Rodrigo gabung tim Pertamina Mandalika untuk musim 2022

 

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2021