Ayo kita gunakan Twibbon untuk ikut kampanye Bijak Bermedia Sosial dalam Mewujudkan Karakter Bangsa!
Jakarta (ANTARA) - Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI mengajak masyarakat untuk selalu wawas diri dan bijak saat menggunakan media sosial karena rentan disalahgunakan oleh beberapa pihak untuk menyebarkan berita bohong (hoaks) dan memicu keresahan.

Oleh karena itu, Kepala Biro Humas dan Sistem Informasi Sekretariat Jenderal (Setjen) MPR RI Siti Fauziah di Jakarta, Sabtu, mengajak seluruh pihak turut serta terlibat kampanye Bijak Bermedia Sosial dalam Mewujudkan Karakter Bangsa.

Ia memandang penting sikap bijak dalam bermedia sosial karena penyalahgunaan media sosial kerap menyebabkan tersebarnya berbagai kabar bohong dan fitnah sehingga publik resah.

"Bahkan, bisa menyebabkan terjadinya adu domba dan perpecahan masyarakat," kata Siti Fauziah sebagaimana dikutip dari siaran tertulisnya yang diterima di Jakarta.

Kampanye Bijak Bermedia Sosial itu, kata Siti Fauziah, bertujuan mencegah adanya penyalahgunaan media sosial.

Bijak dalam menggunakan media sosial dapat membuat kehidupan dan hubungan antarkelompok lebih harmonis.

"Tidak ada yang dirugikan saat bijak bermedia sosial, malah diuntungkan," katanya lagi.

Ia menyebutkan bangsa Indonesia terdiri atas berbagai suku dan agama yang berbeda. Namun, bangsa Indonesia miliki karakter mulia yang dibangun dengan nilai-nilai Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Bhinneka Tunggal Ika sehingga perbedaan bukan lagi masalah.

"Karakter yang ada dalam nilai-nilai itu perlu diciptakan saat bermedia sosial," kata Siti Fauziah.

Alasannya, jika para pengguna mewujudkan nilai-nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika dalam bermedia sosial, dunia maya itu justru jadi alat yang menyatukan ragam perbedaan.

Demi mewujudkan itu, dia pun mengajak masyarakat turut menyebarkan kesadaran bijak bermedia sosial lewat penggunaan Twibbon, yang dapat diunduh di https://s.id/netmpr.

"Ayo kita gunakan Twibbon untuk ikut kampanye Bijak Bermedia Sosial dalam Mewujudkan Karakter Bangsa!" kata Kepala Biro Humas dan SI Setjen MPR.

Baca juga: Dandim Nagan Raya Aceh ingatkan prajuritnya bijak bermedia sosial

Baca juga: Polisi: Bijak bermedia sosial untuk tangkal provokasi

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2021