Indonesia tekuk Taiwan 3-0 di play off kualifikasi Piala Asia

id Timnas Indonesia,Timnas Taiwan,Shin Tae-yong,Piala Asia 2023,Kualifikasi play off Piala Asia 2023,Egy Maulana Vikri,Ricky Kambuaya,Witan Sulaeman

Indonesia tekuk Taiwan 3-0 di play off kualifikasi Piala Asia

Pemain timnas Indonesia Ricky Kambuaya (kiri) pada pertandingan leg kedua play off kualifikasi Piala Asia 2023 di Stadion Chang Arena, Buriram, Thailand, Senin (11/10/2021). ANTARA/HO/PSSI.

Jakarta (ANTARA) - Tim nasional Indonesia berhasil menekuk Taiwan dengan skor 3-0 pada laga leg kedua play off kualifikasi Piala Asia 2023 di Stadion Chang Arena, Buriram, Thailand, Senin.

Gol-gol kemenangan timnas Indonesia dicetak oleh Egy Maulana Vikri, Ricky Kambuaya dan Witan Sulaeman. Hasil ini memastikan Indonesia lolos ke babak ketiga kualifikasi Piala Asia 2023.

Pada babak pertama, Indonesia bermain lebih terbuka dan kerap melakukan beberapa serangan namun tidak ada yang membahayakan gawang dari Taiwan.
 
Di bawah tekanan, Taiwan lebih dulu melakukan ancaman berbahaya di menit ke-7 melalui situasi bola mati namun sundulan pemain lawan masih melambung di atas mistar gawang Indonesia.

Pada menit 25 Indonesia berhasil memecah kebuntuan melalui tendangan langsung dari Egy Maulana Vikri yang tak kuasa dihalau oleh kiper Taiwan dan membuat skor berubah menjadi 1-0.

Baca juga: Egy Maulana Vikri bawa Indonesia ungguli Taiwan di babak pertama
Baca juga: Susunan pemain Indonesia vs Taiwan di leg kedua play off Piala Asia
 
Selanjutnya, Taiwan yang memberikan tekanan setelah bek Indonesia Pratama Arhan kurang sempurna membuang bola pada menit 31 berhasil didapatkan penyerang Taiwan Li Mao, namun tendangannya masih melebar ke sisi kanan gawang Muhammad Riyandi.
 
Usai peluang dari Taiwan, skuad dari Shin Tae-yong kembali mendapatkan peluang dari tendangan Adam Alis pada menit ke-36, namun sepakannya masih bisa diamankan kiper Taiwan Shin Shin-An.
 
Pada menit ke-40, gelandang Ricky Kambuaya berhasil menciptakan peluang emas setelah berhasil melepaskan tembakan keras namun sayang masih bisa diamankan kiper Taiwan.
 
Di sisa waktu babak pertama, Indonesia lebih dominan dalam menjalankan permainan namun hingga paruh pertama habis, skuad Garuda masih bisa mempertahankan keunggulan 1-0 atas Taiwan.
 
Di babak kedua, Indonesia kembali mendominasi permainan dan Egy Maulana Vikri sempat mengancam gawang Taiwan di menit 50 namun tendangannya masih menyamping.
 
Indonesia berhasil menambah keunggulan menjadi 2-0 pada menit 55 usai umpan dari Evan Dimas gagal diantisipasi dengan baik oleh bek Taiwan sehingga Ricky Kambuaya berhasil melepaskan tembakan yang berbuah gol.
 
Unggul dua gol, Indonesia semakin bermain dengan nyaman dan gelandang Evan Dimas sempat dua kali melepaskan tembakan namun keduanya masih bisa diamankan kiper Taiwan.
 
Indonesia kembali mengancam gawang Taiwan ketika Witan Sulaeman berhasil melepaskan tendangan memanfaatkan umpan dari Pratama Arhan, namun masih menyamping di sisi kiri gawang.

Di waktu tambahan, Witan Sulaeman berhasil mencetak gol usai mendapat umpan terobosan dan membuat skor 3-0 untuk Indonesia atas Taiwan tetap bertahan hingga akhir pertandingan.
 
Hasil ini membuat Indonesia berhak melaju ke babak ketiga kualifikasi Piala Asia 2023 dan akan berada di pot 4 sebelum nanti diadakan pengundian grup.

Baca juga: Indonesia berhasil amankan kemenangan ketika kalahkan Taiwan 2-1
Baca juga: Semen Padang lepas Genta Alparedo ke Timnas U-23

Pewarta : Aldi Sultan
Editor: Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar