Bupati Bogor resmikan jalan di Kawasan Puncak

id Bupati bogor, resmikan jalan, samisade

Bupati Bogor resmikan jalan di Kawasan Puncak

Bupati Bogor, Ade Yasin saat meresmikan jalan di Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (12/10/2021). (ANTARA/M Fikri Setiawan)

Ciawi, Bogor (ANTARA) - Bupati Bogor, Ade Yasin meresmikan infrastruktur desa berupa jalan hasil program Satu Miliar Satu Desa atau Samisade di Kawasan Puncak, Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa.

"Ada 13 desa di Kecamatan Ciawi yang melaksanakan program Samisade. Empat desa sudah melaksanakan pembangunan dengan baik, sisanya sembilan desa akan dilaksanakan pada anggaran perubahan ini," ungkapnya usai peresmian jalan.

Infrastruktur yang diresmikan yaitu hasil pekerjaan betonisasi jalan sepanjang 2.360 meter dan Tembok Penahan Tanah (TPT) sepanjang 60 meter di Desa Citapen dengan anggaran Rp1 miliar.

Baca juga: Pemkab Bogor segera bangun jalan di Gunung Menir

Kemudian betonisasi jalan desa sepanjang 750 meter dan TPT sepanjang 1.000 meter di Desa Banjarsari dengan anggaran Rp454 juta. Lalu betonisasi jalan desa dan jembatan sepanjang 270 meter serta pembangunan TPT sepanjang 14 meter di Desa Teluk Pinang dengan anggaran Rp1 miliar. Serta betonisasi jalan sepanjang 700 meter di Desa Bojongmurni dengan anggaran Rp625 juta.
Bupati Bogor, Ade Yasin saat meresmikan jalan di Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (13/10/2021). (ANTARA/M Fikri Setiawan)


Ade Yasin menyebutkan, Samisade merupakan salah satu program unggulan untuk mempercepat peningkatan infrastruktur desa, di samping Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD).

Baca juga: Bogor dorong BPN bangun kantor di zona barat demi capai target

Seperti diketahui, tahun ini Pemkab Bogor telah menganggarkan Rp318,5 miliar dari APBD Kabupaten Bogor untuk program Samisade 356 desa guna menstimulasi pembangunan infrastruktur desa.

Kemudian pada tahun 2022 Pemkab Bogor kembali menganggarkan program Samisade dengan nilai yang lebih besar, yakni Rp392 miliar. Angka tersebut mendominasi program pemulihan ekonomi yang secara keseluruhan dianggarkan senilai Rp520 miliar.(KR-MFS)
 

Pewarta : M Fikri Setiawan
Editor: Budi Suyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar