Jayapura (ANTARA) - Dua medali emas dari nomor perahu naga akan diperebutkan pada hari terakhir pelaksanaan pertandingan cabang olahraga dayung Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua di Teluk Youtefa, Kota Jayapura, Rabu.

Dua emas yang akan diperebutkan itu masing-masing pada kategori 500 meter dan 200 meter campuran. Dalam kategori 500 meter campuran, enam kontingen dayung akan berebut emas yakni Sulawesi Tenggara, Papua Barat, Kalimantan Timur, Jawa Barat, Papua, dan Kalimantan Tengah.

Sementara pada kategori 200 meter campuran ada sembilan provinsi yang akan lebih dulu berebut tempat untuk bisa masuk ke partai final.

Baca juga: Perolehan medali sementara cabang olahraga dayung hingga Selasa

Mereka akan melewati babak penyisihan demi memperebutkan enam slot di final. Pertandingan final 200 meter campuran sendiri akan berlangsung sekitar pukul 16.30 WIT.

Secara umum Jawa Barat menegaskan diri sebagai juara umum dayung PON Papua. Jabar sudah mengumpulkan 19 emas, 8 perak, dan 7 perunggu meninggalkan jauh kontingen-kontingen lain.

Di posisi kedua perolehan medali sementara ditempati Sulawesi Tenggara dengan 5 emas, 3 perak, dan 3 perunggu.

Baca juga: Kalteng rebut emas dari Jabar di perahu naga 1.000 meter campuran

Adapun tuan rumah tidak bisa berbuat banyak dan menempati posisi ketiga setelah hanya mengumpulkan 4 emas, 4 perak, dan 5 perunggu.

Maluku yang diperkuat "Superman Rowing Indonesia" La Memo berada di urutan keempat perolehan medali sementara dengan 3 emas, 2 perak, dan 1 perunggu.

Baca juga: Lampaui target, tim dayung Jabar siap diguyur bonus PON Papua

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2021