Pemerintah menyediakan listrik untuk masyarakat miskin ekstrem Maluku

id Wapres,Ma'ruf Amin,kemiskinan ekstrem,Maluku,PLTS,listrik tenaga surya

Pemerintah menyediakan listrik untuk masyarakat miskin ekstrem Maluku

Wakil Presiden, KH Ma'ruf Amin. ANTARA/HO-Sekretariat Wakil Presiden

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah menyediakan sarana pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di lima kabupaten prioritas di Provinsi Maluku, sebagai salah satu upaya untuk menyelesaikan kemiskinan ekstrem hingga akhir 2021.

Dalam keterangan dari Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Wakil Presiden, Wakil Presiden, KH Ma’ruf Amin, meninjau beberapa program pengurangan kemiskinan ekstrem untuk lima kabupaten prioritas di Provinsi Maluku, Rabu.

"Salah satu program yang ditinjau adalah program penyediaan listrik untuk masyarakat miskin ekstrem di Kabupaten Maluku Tengah," demikian keterangan tertulis, Rabu.

Baca juga: Kemarin, alasan tak "lockdown" sampai keringanan listrik warga miskin

Di Kabupaten Maluku Tengah, program penyediaan listrik bagi masyarakat miskin ekstrem diberikan kepada rumah tangga di wilayah tanpa listrik PLN (off grid) dan wilayah tersedia listrik PLN (on grid). Penyediaan listrik tersebut merupakan program penting karena ketiadaan akses terhadap listrik ialah salah satu penyebab utama kemiskinan ekstrem.

Sebelumnya, dalam rapat koordinasi di Kantor Gubernur Maluku, Rabu, Wapres mengatakan pengentasan kemiskinan ekstrem di daerah prioritas tersebut mengoptimalkan program Pemerintah Provinsi Maluku yang sudah ada, seperti program bantuan sosial (bansos) dan program pemberdayaan masyarakat.

Baca juga: Warga miskin Madiun terima bantuan listrik gratis

"Pengentasan kemiskinan ekstrem ini sesuai dengan program yang sudah ada," kata dia, di Maluku, Rabu.

Terkait program dan anggaran penyelesaian kemiskinan ekstrem, Wapres mengatakan semuanya telah dikoordinasikan dengan Pemerintah Provinsi Maluku dan lima pemerintah kabupaten daerah prioritas.

"Ini semuanya sudah dikoordinasikan dengan daerah, dan penanggulangan ini terdiri dari anggaran pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten," jelasnya.

Baca juga: Listrik gratis untuk 800 KK di Sulbar

Dengan penyediaan sarana PLTS di daerah miskin ekstrem tersebut, maka diharapkan masyarakat dapat semakin berdaya untuk membuat rumpon ikan, belajar dan melakukan kegiatan sehari-hari di malam hari.

Lima kabupaten prioritas yang menjadi target penyelesaian kemiskinan ekstrem nol persen di Provinsi Maluku ialah Maluku Tenggara Barat, Maluku Tenggara, Maluku Tengah, Seram Bagian Timur dan Maluku Barat Daya.


Pewarta : Fransiska Ninditya
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar