Solo (ANTARA) - Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka enggan menanggapi polemik internal yang terjadi dalam tubuh PDI Perjuangan terkait isu calon presiden (capres) yang sedianya terlaksana pada tahun 2024.

Mengenai pertemuannya dengan Gubernur Ganjar Pranowo di Semarang, Gibran di Solo, Jumat mengatakan pertemuan tersebut tidak membahas mengenai politik.

"Hanya makan siang, terus pulang," katanya.

Baca juga: KPU: Syarat mengusung capres 2024 berdasarkan hasil Pemilu 2019

Mengenai agenda selanjutnya terkait pertemuan tersebut, pihaknya akan menunggu Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI).

"Biar yang 'ngatur' pak Ketua Apeksi saja, saya menunggu perintah," katanya.

Disinggung mengenai polemik banteng versus celeng yang dilontarkan oleh Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah Bambang Wuryanto, ia tidak ingin menanggapi.

"Saya 'nggak' ikut-ikutan masalah kayak gitu. (Kemarin) membahas hal-hal produktif saja," katanya.

Sementara itu, mengenai kunjungannya ke Semarang, Gibran ikut mendampingi Wali Kota Bogor Bima Arya bertemu Ganjar karena kebetulan sedang menghadiri acara yang digelar oleh perkumpulan dokter.

Baca juga: Survei: Ganjar, Prabowo, Ridwan Kamil tiga besar bursa capres

Sedangkan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi justru berhalangan dan tidak bisa mendampingi Bima Arya karena sedang berada di Yogyakarta.

Sebelumnya, istilah banteng versus celeng mencuat setelah deklarasi dukungan kelompok relawan Seknas Ganjar Indonesia (SGI) kepada Ganjar Pranowo untuk Pilpres 2024. Terkait hal itu, saat kunjungannya ke Kabupaten Sukoharjo beberapa waktu lalu, Bambang Wuryanto menyebut kader yang ikut pada deklarasi pencapresan tersebut ibarat banteng yang keluar barisan sehingga bisa disebut celeng atau babi hutan.

Baca juga: Gibran: Kantor Shopee Solo ciptakan peluang kerja bagi warga Solo
Baca juga: Gibran bertemu Wali Kota Yogyakarta bahas kerja sama dan Liga 2

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2021