Kota Bogor (ANTARA) - Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika, Senin, melantik 170 kepala desa 2021-2027 hasil Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) 2021 yang telah berlangsung pada Sabtu (16/10) lalu.

Diskominfo Kabupaten Purwakarta menyampaikan bahwa pelantikan berlangsung dalam dua sesi dengan menerapkan protokol kesehatan ketat, di Bale Paseban, Pendopo Pemkab Purwakarta, dihadiri forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) Purwakarta, para Kepala OPD, Asda, Sekda,  Kepala Kantor Kemenag Purwakarta, dan sejumlah undangan lain.

Sebanyak 85 Kades terpilih yang berasal dari Kecamatan Purwakarta, Pasawahan, Bungursari, Jatiluhur, Wanayasa, Darangdan, Sukasari, Maniis dan Kecamatan Plered dilantik lebih dulu pada sesi pertama, yang dimulai sekitar pukul 08.00 WIB.

Baca juga: Mencermati Pilkades di Kabupaten Purwakarta

Kemudian, prosesi pelantikan dilanjutkan pada sesi kedua yang akan diikuti oleh 85 Kades terpilih yang berasal dari Kecamatan Babakan Cikao, Bojong, Cibatu, Campaka, Pondoksalam, Kiarapedes, Tegalwaru dan Kecamatan Sukatani. Agenda pelantikan tersebut juga dilaksanakan secara virtual di kantor kecamatan masing-masing.

Dalam pidato pelantikan, Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika berharap, para kepala desa dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan.

Ambu Anne, panggilan akrab Anne Ratna Mustika, mengucapkan apresiasi dan terima kasih kepada para Penjabat Kepala Desa (Pj Kades) yang telah melaksanakan tugasnya hingga pelaksanaan Pilkades serentak ini selesai.

"Kami juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi pada pelaksanaan Pilkades serentak ini sehingga berjalan aman, lancar, tertib dan kondusif. Alhamdulillah, Pilkades di Purwakarta sukses tanpa ekses," kata Ambu Anne.

Menurut dia, tingkat partisipasi pemilih pada gelaran Pilkades serentak di Kabupaten Purwakarta tahun 2021 ini terbilang cukup tinggi, mencapai 82,06 persen.

"Jika dibandingkan partisipasi Pilkades sebelumnya yang hanya diangka 73 persen, dalam Pilkades tahun ini masyarakat sangat antusias untuk mengikuti gelaran pemilihan pemimpinnya di desa masing-masing," kata Ambu Anne.

Ke-170 kepala desa dilantik berdasarkan Surat Keputusan (SK) Bupati Purwakarta Nomor: 141.1/Kep.484-DPMD/2021 sampai dengan Nomor : 141.1/Kep.653-DPMD/2021 tertanggal 18 Oktober 2021.

Salah satu nama kepala desa yang dilantik adalah Hj Entin Suhartini yang merupakan istri dari Wakil Bupati Purwakarta H Aming. Entin dilantik sebagai Kepala Desa Tajursindang, Kecamatan Sukatani. Di desa itu, suaminya pernah menjadi kepala desa sejak 2007 hingga 2018, untuk kemudian menjadi Wakil Bupati Purwakarta sejak 2018 hingga 2023 mendatang.

Baca juga: Perwakilan Kemendagri tinjau Pilkades serentak 170 desa di Purwakarta
Baca juga: Kemendagri pastikan pilkades 170 desa di Purwakarta terapkan prokes

Pewarta: Budi Setiawanto
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2021