Jakarta (ANTARA) - Disney menunda rencana rilis untuk beberapa film mendatang, termasuk "Doctor Strange in the Multiverse of Madness", "Thor: Love and Thunder", "Black Panther: Wakanda Forever", "The Marvels" dan "Ant-Man and the Wasp: Quantumania".

Baca juga: Serial pendek "Olaf Presents" tayang 12 November

Dikutip dari Variety pada Selasa, "Doctor Strange in the Multiverse of Madness" yang awalnya dijadwalkan rilis pada 25 Maret 2022 mundur jadi 6 Mei 2022. "Thor: Love and Thunder" dari 6 Mei 2022 jadi 8 Juli 2022 dan "Black Panther: Wakanda Forever" dari Juli 8 2022 jadi 11 November 2022.

Dengan mundurnya sekuel "Black Panther" ke November, film "The Marvels" pun ditunda hingga awal 2023 dan "Ant-Man and the Wasp: Quantumania" ditunda dari 17 Februari 2023 hingga 28 Juli 2023.

Seiring dengan banyaknya penundaan pada film Marvel, Disney telah memindahkan angsuran "Indiana Jones" kelima hampir setahun. Film yang masih belum diberi judul dan dibintangi Harrison Ford sebagai arkeolog yang mengenakan fedora, akan dibuka pada 30 Juni 2023, bukan 29 Juli 2022.

Perubahan tanggal rilis utama datang setelah Marvel "Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings" mengukuhkan tempatnya sebagai hit box office era pandemi dan pada 5 November "Eternals" pun akan hadir.

Baca juga: Disney+ akan hadir di Korea Selatan dan siapkan tujuh tayangan terbaru

Perubahan jadwal rilis ini juga terkait dengan produksi, seperti sekuel "Black Panther" misalnya, mereka masih melakukan syuting di Atlanta.

Karena Marvel telah menjadi alam semesta yang saling berhubungan dan direncanakan dengan cermat — yang mencakup lusinan film dan beberapa serial televisi baru — maka penundaan produksi apa pun menyebabkan efek domino pada sisa waralaba.

Sedangkan untuk "Indiana Jones", Ford yang berusia 79 tahun mengalami cedera bahu di lokasi syuting pada bulan Juni, yang mengharuskan aktor tersebut untuk istirahat dari pembuatan film saat dia sembuh. Meskipun sutradara James Mangold terus syuting tanpa Ford, ada sejumlah adegan yang tidak melibatkan sang petualang, kini Ford telah pulih dan kembali ke set.

Empat film Marvel tanpa judul untuk 2023, 20th Century dan divisi live-action Disney, telah dihapus dari jadwal penanggalan. Sedangkan satu film Marvel yang tidak berjudul telah dipindahkan dari 10 November ke 3 November 2023.

Pandemi COVID-19 telah mengguncang cara studio merilis film terbesar mereka, dengan banyak tiang tenda besar yang menentang tradisi untuk mendarat secara bersamaan di bioskop dan di platform digital.

Setelah membuat "Black Widow", "Cruella" dan petualangan animasi "Raya and the Last Dragon" rilis di Disney Plus pada hari yang sama dengan pemutaran di bioskop, Disney kini telah menegaskan kembali komitmennya untuk merilis film besar di bioskop.

Film-film yang dijadwalkan untuk 2021 akan diputar secara eksklusif di bioskop selama 45 hari sebelum pindah ke platform digital. Namun, Disney belum memantapkan rencana untuk 2022 dan seterusnya.


Baca juga: Konten lokal semarakkan keberagaman layanan "streaming"

Baca juga: Fakta menarik "Black Widow", tayang di Disney+ Hotstar 15 Oktober

Penerjemah: Maria Cicilia
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021