Tujuan dari program ini adalah memberikan bantuan hibah untuk menumbuhkan usaha kecil menengah (UKM) di kalangan santri Kota Bogor dengan konsep "One Village One Preneurship" atau di 1 desa tumbuh minimal 1 UKM
Bogor (ANTARA) - Lembaga Amil Zakat, Infak, dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) dan Pengurus Cabang NU Kota Bogor, Jawa Barat, menyambut Hari Santri Nasional 2021, Rabu (20/10) meluncurkan Program Lazisnu "Bogorpreneur".

"Tujuan dari program ini adalah memberikan bantuan hibah untuk menumbuhkan usaha kecil menengah (UKM) di kalangan santri Kota Bogor dengan konsep 'One Village One Preneurship' atau di 1 desa tumbuh minimal 1 UKM," kata Ketua PCNU Kota Bogor, Jawa Barat Dr Ir H Ifan Haryanto, Msc, di Sekretariat PCNU kawasan Sempur, Kota Bogor, Rabu.

Hadir pada kesempatan tersebut Rois Syuriah PCNU Kota Bogor KH Mustofa Abdullah Bin Nuh (ABN), Ketua Lazisnu Kota Bogor Ir Abdul Azis, Ketua MWC NU se-Kota Bogor, jajaran Pengurus PCNU, serta perwakilan UKM penerima dana hibah UKM dari seluruh kecamatan di Kota Bogor.
 
Ketua LAZISNU Kota Bogor Ir Abdul Azis (kiri), disaksikan Ketua PCNU Kota Bogor Dr Ir Ifan Haryanto (tengah) secara simbolis menyarahkan bantuan dana hibah kepada Ketua MWC NU Kecamatan Tanah Sareal ustadz Abdul Aziz di Bogor, Rabu (20/10/2021)  (FOTO ANTARA/HO-PCNU Kota Bogor)


Ia menjelaskan secara spesifik sasaran program tersebut adalah guru ngaji, ustadz serta santri yang memiliki potensi ekonomi dan usaha.

Program LAZISNU "Bogorpreneur", kata dia, sangat tepat diluncurkan pada saat pandemi COVID-19 ini.

"Dampak pandemi COVID-19 secara nyata menghempaskan berbagai sektor ekonomi, termasuk UKM di dalamnya," kata Ifan yang pernah menjabar Sekretaris Tanfidyah Pengurus Cabang Istimewa NU (PCI-NU) Inggris Raya itu.

Melalui Program Lazisnu Bogorpreneur, katanya, diharapkan akan memberikan manfaat agar UKM tetap hidup dan bertahan menghadapi dampak pandemi.

Sementara itu Rois Syuriah PCNU Kota Bogor KH Mustofa Abdullah Bin Nuh menyampaikan bahwa mendorong wirausaha seperti UKM, merupakan salah satu jihad dalam bidang ekonomi.

"Sehingga perlu didukung oleh semua pihak, terutama dalam rangka pemberdayaan ekonomi di kalangan santri," katanya.

Usai peluncuran juga diserahkan paket hibah usaha bagi UKM kalangan santri se-Kota Bogor.

Baca juga: Untuk pemberdayaan ekonomi, minimart Kios Modern NU diresmikan di Bogor

Baca juga: Rayakan Tahun Baru Islam, NU santuni anak yatim di Kota Bogor

Baca juga: Fatayat NU Bogor tebar seribu paket ketupat untuk warga

Baca juga: Ketua NU Afghanistan silaturahim ke Bogor

 

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2021