Pemkot Jakarta Selatan siap buka 15 ruang terbuka hijau

id PPKM Level 2,RTH,Taman

Pemkot Jakarta Selatan siap buka 15 ruang terbuka hijau

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kanan) dan Kepala Unit Pengelola Taman Margasatwa Ragunan (TMR) Endah Rumiyati (kiri) menyampaikan keterangan pers usai meninjau Harimau Sumatra yang terpapar COVID-19 di TMR, Jakarta, Minggu (1/8/2021). ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/aww.

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Selatan siap membuka kembali 15 ruang terbuka hijau (RTH) di wilayahnya untuk masyarakat umum pada penyesuaian Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level dua di DKI Jakarta.

Kepala Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota, Winarto, saat dihubungi di Jakarta Selatan, Jumat, mengatakan, masyarakat yang berkunjung ke RTH diwajibkan untuk menunjukkan bukti vaksinasi minimal dosis pertama.

"Di Jakarta Selatan, ada 15 RTH taman yang siap dibuka dengan persyaratan protokol kesehatan, mulai Sabtu (23/10). Akses pintu masuk dan keluar satu pintu sehingga ada petugas yang  mengarahkan," kata Winarto.

Ke-15 RTH yang dibuka yakni, Taman Margasatwa Ragunan, Taman Puring, Taman Langsat, Taman Ayodya, dan Taman Bumi Perkemahan, Pasar Minggu.

Selanjutnya, Hutan Kota Srengseng Sawah, Taman Spathodea, Jagakarsa, Taman Tabebuya, Taman Kebagusan I, Taman Gandaria Tengah, Taman Swadarma, Pesanggrahan, Taman Sriwijaya, TMB Panjang, Kebun Bibit Ciganjur, dan Kebun Bibit Casamora, Jagakarsa.

Baca juga: Pemkot Jaksel tutup seluruh taman kota selama penyesuaian PPKM Level 4

Menurut Winarto mengatakan, pada pembukaan 15 RTH tersebut dengan menerapkan persyaratan protokol kesehatan yang harus dipatuhi pengunjung guna mengantisipasi COVID-19. "Jumlah pengunjung juga dibatasi maksimal 25 persen dari kapasitas taman," katanya.

Pengunjung berusia di bawah 12 tahun juga harus didampingi oleh orang tua yang sudah divaksin selama berada di taman.

"Vaksin minimal dosis pertama. Papan kode batang PeduliLindungi masih dalam proses, tapi yang penting bisa menunjukkan hasil vaksin pertama," kata dia.

Winarto menambahkan, di setiap taman akan ada penambahan petugas untuk mengawasi protokol kesehatan dan melayani kebutuhan pengunjung. "Kalau sebelum dibuka hanya dua. Sekarang minimal kita tempatkan empat orang untuk menjaga prokes itu," tuturnya.

#ingatpesanibu
#sudahdivaksintetap3m
#vaksinmelindungikitasemua

Baca juga: Kebun Binatang Ragunan dibuka 20 Juni 2020
Baca juga: Anies cek kondisi Taman Puring usai direvitalisasi

 

Pewarta : Sihol Mulatua Hasugian
Editor: Riza Harahap
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar