Dirut Jakpro: JIS siap gelar konser musik besar

id JIS, Jakarta international Stadium,aa

Dirut Jakpro: JIS siap gelar konser musik besar

Suasana pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) di Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (12/10/2021). ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/rwa.

Jakarta (ANTARA) - Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Widi Amanasto menyatakan Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara, pada maret mendatang siap untuk dijadikan tempat konser musik taraf internasional.

Widi Amanasto mengungkapkan hal itu saat acara kunjungan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi DKI Jakarta di JIS, Jakarta Utara, Jumat.

Baca juga: Dirut Jakpro sebut JIS debut di perhelatan final IYC 2021

Widi menuturkan Jakarta International Stadium dirancang tidak hanya sebagai stadion biasa, tetapi mengikuti standar internasional dengan tujuan agar stadion ini dapat dipakai pada saat piala dunia dan kegiatan bertaraf internasional lainnya.

Sebab, JIS juga nantinya akan memiliki fungsi "multipurpose venue". Artinya, JIS tidak hanya menggelar pertandingan sepakbola saja, melainkan juga kegiatan besar lainnya seperti eksibisi maupun konser musik. Untuk mendukung hal tersebut, JIS dilengkapi dengan sistem atap buka tutup (retractable roof).

Dengan keunggulan ini, Jakpro selaku pengembang sekaligus pengelola JIS akan mengaktivasi berbagai kegiatan berskala nasional hingga internasional.

Berbagai variasi aktivasi yang akan berlangsung pada tahun depan atau ketika stadion berstandar FIFA ini rampung 100 persen, termasuk konser musik internasional asal Korea yang sedang dalam penjajakan dan perencanaan.

Baca juga: Anggota DPRD DKI dukung percepatan pembangunan JIS

Salah satu grup musik yang dijajaki Jakpro untuk menggelar konser di JIS, yakni Grup Korean Pop (K-Pop) asal Korea Selatan Bangtan Boys (BTS).

Widi mengungkapkan JIS bakal dilengkapi dengan sistem audio (sound system) berteknologi canggih yang mendukung untuk menggelar konser-konser besar. Sistem audio tersebut juga didukung dengan ruang tertutup di dalam JIS sehingga suara musik terdengar lebih bagus.

"Atap kita tutup, jadi suaranya sangat bagus, karena kita pakai sound system canggih, sudah diperhitungkan," ungkap Widi.

Adapun saat ini kemajuan pembangunan JIS sudah mencapai 76,52 persen dan rumput lapangan sudah seluruhnya terpasang, sehingga siap dimainkan untuk final kejuaraan U19 dengan Indonesia All Stars pada saat peluncuran awal (soft launching) stadion akan dilakukan pada 10 Desember 2021.

Sementara grand launching atau peresmian JIS dijadwalkan berlangsung pada Maret 2022 mendatang.

Baca juga: Wakil Ketua DPRD DKI: JIS jadi "legacy" pemerintah DKI Jakarta


Pewarta : Abdu Faisal
Editor: Taufik Ridwan
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar