PDIP ingin wujudkan politik hijau dengan lestarikan pohon langka

id PDIP, Hasto Kristiyanto,. politik hijau, melestarikan lingkungan, pohon langka

PDIP ingin wujudkan politik hijau dengan lestarikan pohon langka

Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto. (ANTARA/HO-PDIP)

Jakarta (ANTARA) -
DPP PDI Perjuangan memiliki kepedulian dan kecintaannya terhadap alam dan lingkungan dalam rangka mewujudkan politik hijau, maka PDIP menginstruksikan para kader untuk menjaga, melindungi dan melestarikan pohon tua dan langka di daerahnya.

Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto menyampaikan hal itu terkait komitmen partainya terhadap kepedulian lingkungan, di Jakarta, Jumat.

Hasto menjelaskan pohon berperan besar dalam menjaga keseimbangan ekosistem di bumi dengan manfaat utama sebagai penghasil oksigen, penyimpan karbon, penghasil kayu sebagai bahan baku bangunan, penghasil buah-buahan, bahan obat dan bahan nabati lainnya serta sebagai tempat berlindung berbagai spesies binatang.

"Namun, sebagian besar manfaat tersebut belum tergantikan sehingga pohon menjadi sumber daya sangat penting bagi kehidupan manusia," katanya dalam siaran persnya.
 
Pria asal Yogyakarta itu menyebutkan berdasarkan data lnternational Union For Conservation of Nature (IUCN) sebanyak 487 spesies pohon Indonesia terancam punah, 55 spesies diantaranya merupakan pohon berukuran besar.
 
Hal itu akibat dari alih fungsi kawasan yang menyebabkan hilangnya habitat alami pohon langka, diikuti oleh perambahan, eksploitasi sumber daya secara berlebihan, penebangan, kebakaran yang menyebabkan rusaknya habitat dan penurunan populasi, serta perubahan iklim global.
 
"Bila tidak segera dilakukan tindakan pencegahan kepunahan dan upaya konservasi, maka akan banyak pohon terancam punah dalam waktu dekat," kata Hasto.
 
Selama ini, PDIP memang aktif dalam kepedulian terhadap lingkungan, seperti penanaman pohon di sepanjang Daerah Aliran Sungai Ciliwung.
 
Oleh karena itu, jelas Hasto, DPP PDIP mengeluarkan instruksi partai untuk diperhatikan dan dilaksanakan oleh DPD dan DPC PDI Perjuangan seluruh Indonesia, para Anggota DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota FPDIP dan Kepala Daerah dan/atau Wakil Kepala Daerah Provinsi/Kabupaten/Kota yang merupakan kader PDIP di seluruh Indonesia di wilayah masing-masing terkait kepeduliannya terhadap lingkungan.
 
"Ketua Bidang Kehutanan dan Lingkungan Hidup PDI Perjuangan, Pak I Made Urip akan memantau langsung dan memberikan laporan kepada Partai terhadap pelaksanaan instruksi ini. Sekali lagi, Partai ingin mewujudkan politik hijau," tandas Hasto.
 

Pewarta : Syaiful Hakim
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar