Emil Dardak: Semangat santri dan kiai teladan kader Partai Demokrat

id demokrat jatim,hari santri nasional,kiai banyuwangi,ketum ahy

Emil Dardak: Semangat santri dan kiai teladan kader Partai Demokrat

Plt Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Timur, Emil Dardak (dua kiri), di sela menghadiri peringatan Hari Santri Nasional 2021 di Banyuwangi, Jawa Timur, Selasa. ANTARA/HO-Humas DPD Demokrat Jawa Timur

Surabaya (ANTARA) - Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Timur, Emil Dardak, berharap semangat santri dan para kiai mampu menjadi teladan untuk dilaksanakan, khususnya bagi para kader serta simpatisan.

“Semoga semangat itu bisa menjadi tuntunan agar kami, terutama di Partai Demokrat, menjadi semakin solid,” ujarnya, dalam peringatan Hari Santri Nasional 2021 di Banyuwangi, Jawa Timur, Selasa.

Baca juga: Hidayat Nur Wahid minta santri-pemuda berkontribusi bagi kejayaan NKRI

Dalam siaran pers yang diterima di Surabaya, Selasa, peringatan Hari Santri 2021 digelar bersama Forum Komunikasi Kyai Langgar Banyuwangi.

Hadir pada kesempatan itu secara virtual Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Ketua Fraksi Demokrat DPRD Jawa Timur, Reno Zulkarnain, dan anggota DPRD Jawa Timur dari Dapil Banyuwangi, dr Agung Mulyono.

Dardak menjelaskan, perayaan HSN ini merupakan bentuk penghargaan kepada santri dan kiai yamg ikut berjuang mempertahankan kemerdekaan Indonesia.
"Kami mengapresiasi sangat luar bisa karena santri dan kiai bekerja luas biasa mewujudkan kemerdekaan," ucap dia.

Baca juga: Mahfud MD sebut mobilitas kaum santri berjalan cepat

Sementara itu, AHY dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada kiai dan santri yang berjuang keras mempertahankan kemerdekaan NKRI.

"Partai Demokrat Insya Allah istiqomah untuk menegakkan komitmennya, berkoalisi dengan rakyat. Tentu dalam konteks ini kami juga ingin selalu dekat dengan para alim ulama dan kalangan pesantren,” katanya.

Ia juga meminta agar kader meneladani sikap tawadlu santri kepada kiai, menjadikan contoh sikap yang gigih mempertahankan NKRI. "Mari juga meneledani sikap Rasullullah SAW. Lalu, kegigihan kiai serta santri dalam memperjuangkan NKRI harus dijadikan semangat bersama," tuturnya.

Baca juga: Ketua DPD nilai pesantren punya peran konkret bagi negara

Di tempat sama, pengasuh Pondok Pesantren Ibnu Sina Banyuwangi, KH Maskur Ali menyampaikan dukungan serta apresiasi kepada Partai Demokrat yang telah konsisten memperjuangkan kepentingan rakyat.

Ali yang pernah tiga periode menjadi ketua PC NU Banyuwangi menyatakan sekitar 160 orang kiai bergabung ke Partai Demokrat karena keteguhan berkoalisi dengan rakyat tanpa tergiur kekuasaan.

Ia menambahkan bahwa para kiai selalu mendoakan AHY dan SBY agar selalu diberikan kesehatan dan umur panjang. “Bahkan harapannya, pada Pemilu 2024, AHY dapat menjadi presiden RI,” tutur dia.

Pewarta : Fiqih Arfani
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar