Bandung (ANTARA) - Dedi Supandi, Chef de Mission (CdM) atau Ketua Rombongan Kontingen Jawa Barat utnuk Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVI 2021 di Papua, menyatakan Jawa Barat membidik juara umum Peparnas Papua dengan 130 medali emas. 

Dedi juga menyatakan Jawa Barat akan disaingi keras oleh Jawa Tengah dan Kalimantan Timur, namun memastikan atlet-atletnya siap tempur setelah menuntaskan berbagai persiapan.

Dia memerintahkan seluruh seluruh kepala cabang dinas menjadi orang tua angkat atlet-atlet daerah ini pada Peparnas Papua.

Dedi menuturkan sebagai orang tua angkat, seluruh kepala cabang dinas akan memperhatikan dan membimbing atlet Jawa Barat selama Peparnas Papua, termasuk memastikan kebutuhan mereka terpenuhi.

Baca juga: 18 atlet difabel Deliserdang perkuat Sumut di Peparnas Papua

"Sehingga para atlet Peparnas Jabar ini tidak memikirkan urusan makan dan yang lainnya. Dia fokus  bertanding memperebutkan gelar di sana," kata Dedi usai menghadiri acara Pengukuhan dan Pelepasan Kontingen Peparnas Jawa Barat di Gedung Sate, Bandung, Rabu.

Jawa Barat juga akan memastikan kesehatan dan keselamatan seluruh anggota kontingen Peparnas daerah ini, baik sebelum berangkat maupun saat kembali ke Jawa Barat.

"Pada tanggal 1 akan melaksanakan PCR, lalu tanggal 2 dini hari berangkat dan pulang dari Papua kita juga siapkan ruang untuk isolasi mandiri nantinya," kata Dedi.

Kontingen beranggotakan 415 orang termasuk pelatih dan ofisial akan mengikuti 12 cabang olah raga pada Peparnas Papua.

Baca juga: NPC DIY targetkan 15 medali emas di Peparnas Papua

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2021